alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ternyata Panggilan Nama Jokowi Merupakan Pemberian Bule Prancis

Okezone
Ternyata Panggilan Nama Jokowi Merupakan Pemberian Bule Prancis
Pria asal Prancis Bernard Chene yang merupakan mitra kerja Presiden RI Joko Widodo saat menjadi pengusaha meubel. Foto: Okezone

JAKARTA - Nama Jokowi di Indonesia tentu sangat populer, karena nama ini merupakan singkatan dari nama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Namun siapa sangka, ternyata singkatan nama mantan wali kota Solo tersebut merupakan panggilan yang disematkan oleh Bernard Chene.

Bernard Chene merupakan warga asal Prancis yang menjadi mitra bisnis Jokowi saat mantan Gubernur Jakarta ituberbisnis meubel.



"Nama ini (Jokowi) awalnya hanya di antara saya dan dia. Sekarang semua orang memanggilnya dengan nama itu. Bagus, tidak apa-apa," kata Chene dalam video berjudul 'Panggil Jokowi Saja' yang diunggah oleh akun YouTube Presiden Joko Widodo, Sabtu (9/11/2019).

Awalnya, Chene berbisnis dengan paman Jokowi yang berdomisili di Solo. Nah, dari situlah, awal perkenalannya dengan Jokowi yang kala itu baru saja lulus dari Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Kehutanan. Chene mengaku pertama kali bertemu dengan Jokowi pada pertengahan tahun 1999.

"Saat itu saya sangat terkesan dengan kedewasaannya. Dari matanya terlihat kalau ia sangat pintar dan penuh gairah hidup," ujarnya lagi.

Awal kedekatan Chene dengan Jokowi bermula saat ia menanyakan kesediaan Jokowi untuk memproduksi sejumlah produk meubel. Jokowi pun dengan mantap menyanggupinya.

"Dari situ saya langsung merasa bisa mempercayainya," sambung Chene.

Singkat cerita, melalui Chene inilah, Jokowi sukses merambah ekspor meubelnya ke Eropa. Setelah malang melintang di dunia politik hingga duduk menjadi Presiden Indonesia, tidak lantas membuat Jokowi melupakan sahabatnya itu.

Suatu hari Jokowi pernah menghubungi Chene untuk memintanya bertemu di sela kunjungannya ke Paris, Prancis. Pria 78 tahun itu awalnya ragu jika Jokowi benar akan menemuinya karena statusnya yang sudah menjadi orang penting sekelas Presiden.

"Tapi kenyataannya, saya mendapat telefon dari Kedutaan Besar Indonesia, bahwa saya mendapat permintaan dari Tuan Presiden 'ia ingin bertemu Anda besok siang'," kenang Chene.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook