alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Peringatan Maulid Nabi, Harga Telur Ayam Merangkak Naik

Herni Amir
Peringatan Maulid Nabi, Harga Telur Ayam Merangkak Naik
Beberapa pedagang di pasar Minasa Maupa, Sungguminasa, yang menjual telur. Pada momen peringatan Maulid Nabi, harga telur merangkak naik. Foto: SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Harga telur ayam ras di pasar Minasa Maupa, Sungguminasa, melonjak memasuki perayaan maulid Nabi Muhammad SAW.

Salah seorang pedagang, Nur Laela mengatakan, sejak beberapa hari jelang maulid, penjualan telur diserbu masyarakat.

Hampir setiap jam, para pembeli datang ke kiosnya untuk memesan telur. Sehingga membuat harga pun naik.



"Harga telur ayam ras ini normalnya Rp35.000 per rak. Tapi karena maulid, harganya naik jadi Rp38.000 per rak. Tapi ada juga yang jual Rp40.000," ungkapnya, Sabtu (9/11/2019).

Sementara itu, Dinas Peternakan Gowa menjamin Kebutuhan masyarakat dalam mengkomsumsi telur ayam ras dapat terpenuhi setiap hari, bahkan pada waktu pemakaian seperti peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, Suhriati mengungkapkan, untuk menjaga ketersedian telur, Pemkab Gowa saat ini mempunyai populasi ayam petelur sebanyak 444.851 ekor, dan mampu memproduksi telur 4.409.830 kg tiap tahun.

"Kebutuhan masyarakat Gowa mengkomsumsi telur itu ada 7.876.166 kg setiap tahun. Sedangkan pruduksi telur kita dalam setahun itu hanya 4.409.830 kg saja, jadi ada kekurangan sebanyak 3.466.336 kg, atau dalam sebulan itu dibutuhkan 288.681 kg telur," katanya.

Namun kata Suhriati, kekurangan tersebut bukan menjadi kendala bagi masyarakat Gowa untuk mengkomsumsi telur. Sebab, kabupaten Sidrap rutin menyuplai telur sebanyak 39.375 kg setiap minggunya atau sebanyak 3.000 Rak.

Dan memasuki Maulid ini bisa mencapai 30.000 rak setiap minggunya, atau 56.250 kg telur.

"Jadi kebutuhan masyarakat setiap saat dapat terpenuhi," jelasnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook