alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

2 Tokoh Sulsel yang Diusul Jadi Pahlawan Nasional Belum Direstui

Syachrul Arsyad
2 Tokoh Sulsel yang Diusul Jadi Pahlawan Nasional Belum Direstui
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI Maruf Amin saat memberikan gelar pahlawan nasional kepada 6 tokoh di tahun 2019 ini. Foto: Instagram/Jokowi

MAKASSAR - Pemprov Sulsel mengusulkan dua tokoh asal Sulsel untuk mendapat gelar kepahlawanan. Namun sayang, usulan tersebut belum mendapat restu dari Pemerintah Pusat dalam menyambut peringatan Hari Pahlawan Nasional.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel, Imran Jauzi mengatakan, sebelumnya Pemprov Sulsel mengusulkan dua nama yang dianggap pantas mendapat gelar pahlawan. Dua tokoh asal Sulsel, yakni Jenderal TNI (Purn) M Jusuf dan Andi Makkasau.

Dikatakan Imran, kedua nama tersebut sebelumnya sudah masuk dalam daftar 20 usulan nama yang disetor ke Presiden RI Joko Widodo untuk mendapat gelar pahlawan nasional.



Namun, yang ditetapkan hanya enam diantaranya dan usulan Sulsel belum diakomidir. “Kan dua kita usulkan, Jenderal Yusuf dan Andi Makkasau. Keseluruhan di Indonesi ada 20 yang diusulkan. Dari 20 yang diusulkan kan cuma enam yang ditetapkan sama Presiden. Sementara dari Sulsel, belum diakomodir," kata Imran saat dihubungi.

Dia melanjutkan, pihaknya belum mengetahui secara pasti hasil evaluasi dari Kemensos. Sehingga dari penetapan oleh Presiden, dua tokoh Sulsel belum bisa mendapatkan gelar kehormatan itu.

Imran mengklaim, pihaknya sudah menyetorkan dokumen kelengkapan yang dibutuhkan untuk usulan gelar pahlawan nasional. Bahkan, sebelumnya yang Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) dari Kemensos sudah melakukan verifikasi faktual di lapangan akan dua tokoh Sulsel itu.
“Dulu kan sudah dilakukan verifikasi, pengecekan dokumen yang membuktikan kepahwalanan beliau sudah kita penuhi. Tapi penentuannya kan di tim TP2GP, kita baru tahu kalau usulan kita belum diterima," imbuh dia.

Pihaknya pun mengaku masih menunggu evaluasi dari Kemensos dari dua tokoh asal Sulsel yang diusulkan. Diapun berharap, tahun depan, baik Jenderal TNI (Purn) M Jusuf dan Andi Makkasau bisa menerima gelar pahlawan nasional.

"Tapi kita berharap, inikan masih baru ya, mungkin beberapa hari kedepan sudah ada catatan-catatan yang masih kurang dan harus dilengkapi tahun depan. Biasanya ada catatan dari timnya itu. Kita masih menunggu," pungkas Imran.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook