alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pekan Ini BKD Sulsel Bakal Assesment ASN Eselon III dan IV

Syachrul Arsyad
Pekan Ini BKD Sulsel Bakal Assesment ASN Eselon III dan IV
BKD Sulsel bakal melakukan assesment kepada 1.700 ASN eselon III dan IV di lingkup Pemprov Sulsel. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel bakal melakukan assesment kepada aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemprov Sulsel, khusus untuk pejabat setingkat eselon III dan IV.

Sekretaris BKD Sulsel, Sumarlin mengaku, proses assement pegawai ini direncanakan dimulai pekan ini. Jika tidak ada aral melintang, dilaksanakan pada tanggal 12 November mendatang. Tahapannya akan dimulai untuk eselon III.

Dijelaskan, assesment diharapkan mampu memetakan potensi dan kompetensi pegawai yang ada selama ini. Dengan mengusung misi, the right man in the right place and the right job atau menempatkan pejabat pada posisi yang tepat sesuai dengan kemampuannya.



“Ini kan untuk pemetaan atau penilaian potensi dan kompetensi pegawai. Yang paling utama itu the right man in the right place and the right job. Jadi nanti penempatan pegawai tidak asal-asalan," imbuh dia.

Dikatakan Sumarlin, assesment ini akan diikuti ribuan lebih pejabat eselon III dan IV. Pelaksanaannya digelar secara bertahap.

Para pegawai akan mengikuti beberapa rangkaian tes dalam proses assement ini, salah satunya melalui seleksi CAT (computer assisted test).

“Metodenya akan ada beberapa tahapan. ini soal teknis. Tapi ada tes misalnya psikotesnya, ada wawancaranya. Ada juga sistem CAT nanti. Rencananya ini tahun selesai semua di-assesment untuk eselon III/IV," pungkas Sumarlin.

Kepala BKD Sulsel, Asri Sahrun Said menuturkan, proses assesment ini akan mempertimbangkan analisis beban kerja para pegawai.

Dengan begitu, ke depan bisa dideteksi dan dilakukan penyesuaian antara kompetensinya dan posisi jabatannya.
"Setelah di-asessment akan ada peta kompetensi melihat bobot dan latar belakangnya seperti apa. Jadi fungsi assesment, nanti yang bersangkutan bisa dilihat apa kinerja dan kemampuannya selama ini sudah sesuai dengan posisinya sekarang," tutur Asri.

Dia mencatat, setidaknya ada sekitar 1.700 pegawai eselon III/IV yang bakal di-assesment. Rencananya dilaksanakan di ruang assesment center yang berada di lantai IV kantor Gubernur Sulsel, dimana tengah dibenahi untuk kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya.

Dia menargetkan, untuk tahap awal, akan dilakukan assesment kepada 100 ASN dengan tahapan awal tes CAT (computer assisted test).

“Hanya ada 100 komputer untuk mengikut tes CAT. Sehingga dalam satu sesi hanya 100 orang yang bisa ikut. Sehingga dalam sehari dibuka beberapa sesi," imbuhnya.

Asri menambahkan, assesment terhadap 1.700 pejabat eselon III/IV bisa rampung tahun ini. "Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa jalan. Saya harap 1.700 itu rampung sampai Desember," jelas Asri.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook