alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

BKMM Makassar Bakal Dimerger, Pegawai Gelar Aksi Protes

Syachrul Arsyad
BKMM Makassar Bakal Dimerger, Pegawai Gelar Aksi Protes
Pegawai Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) melakukan demo menolak permenkes nomor 60. Foto: Sindonews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Para pegawai Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar menggelar aksi demontrasi di kantor BKMM Makassar, Jalan Kusuma Wijaya, Senin (11/11/2019).

Aksi protes ini menyusul akan dimerger atau digabungkannya BKMM (Balai Kesehatan Mata Masyarakat) Makassar dengan Rumah Sakit Khusus (RSK) Tajuddin Chalik Makassar.

Juru bicara aksi, Joko Harsoyo menjelaskan, aksi ini sebagai penolakan atas terbitnya Permenkes Nomor 60/2019 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kelola RSK Tajuddin Chalik Makassar. Dimana dalam pasal 62 dan 66 regulasi itu, BKMM dinyatakan tidak ada lagi.



Diketahui, pada pasal 60 permenkes itu menyatakan bahwa pelaksanaan tugas dan fungsi serta pengelolaan keuangan, pegawai, perlengkapan, dan dokumen yang dilaksanakan BKMM dialihkan ke ke RS Tajuddin Chalid.

Sementara pada pasal 62 menyatakan mencabut Permenkes Nomor 1652/Menkes/Per/XII/2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja BKMM.

"Tujuan aksi ini seluruh pegawai BKMM menolak permenkes 60. Dimana dalam klausul pada pasal 60 dan 62 dinyatakan BKMM tidak ada lagi. Karena itu pada hari ini kami menyatakan apa yang menjadi keputusan kementerian kesehatan dapat ditinjau kembali," ujar Joko.

Staf BKMM Makassar ini menambahkan, penutupan BKMM Makassar sebagai wujud diskriminasi dalam pelayanan kesehatan mata bagi masyarakat. Kebijakan ini juga dinilai kontraproduktif dengan rencana strategis nasional penanggulangan gangguan penghlihatan dan kebutaan.

"Kami sudah melakukan persuratan kepada Kementerian Kesehatan untuk meminta klarifikasi soal ini," tambah Joko.

Usai melakukan orasi, para pegawai juga ramai-ramai melakukan penandatanganan penolakan likuidasi BKMM ke RSK Tajuddin Khalik di sebuah spanduk yang dipasang di dinding kantor BKMM Makassar.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook