alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bapenda Mulai Kaji Rencana Pembebasan PBB Mantan Kepala Daerah

Vivi Riski Indriani
Bapenda Mulai Kaji Rencana Pembebasan PBB Mantan Kepala Daerah
Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan Adnan. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, mulai mengkaji terkait rencana pembebasan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi mantan kepala daerah.

Rencana pemebabasan ini sebelumnya diutarakan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb pada saat upacara peringatan HUT Kota Makassar ke-412 di Tribun Lapangan Karebosi, Sabtu (9/11) lalu.

Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan Adnan menyebutkan pembebasan pembayaran PBB bagi mantan kepala daerah sudah diberlakukan di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya DKI Jakarta.



Bahkan kata dia, pembebasan PBB di DKI Jakarta tidak hanya berlaku bagi mantan kepala daerah tetapi juga para pejuang veteran, guru hingga PNS.

"Kewenangan wali kota berhak memberikan keringanan, pengurangan bahkan pembebasan sepanjang itu sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada," kata Irwan Adnan.

Hanya saja, dalam penerapannya di Makassar pihaknya akan mengkaji lebih dulu mekanisme dan aturan yang akan diberlakukan dan dituangkan dalam bentuk perwali sebagai dasar hukum.

"Kita akan kaji dulu seberapa besar, apakah berlaku untuk rumah pertama atau sampai rumah kedua, nanti kita lihat, yang jelas akan kita berlakukan sesuai dengan perintah pak wali kota," ucapnya.

Baca Juga : Pemkot Makassar Bakal Bebaskan PBB Mantan Kepala Daerah

Irwan bahkan mengungkapkan rencana itu bisa terealisasi pada 2020 mendatang. Apalagi kata dia, pembuatan perwali tidak membutuhkan waktu yang panjang lantaran tidak harus disodorkan ke DPRD Kota Makassar

"Insya Allah kita akan berlakukan 2020 nanti. Perwali tidak lama, sebulan setelah kita sodorkan draftnya juga kelar," tutupnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook