alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

TAPD Tana Toraja Tak Hadir Rapat, Banggar: Seolah Melecehkan DPRD

Joni Lembang
TAPD Tana Toraja Tak Hadir Rapat, Banggar: Seolah Melecehkan DPRD
Rapat Badan Anggaran DPRD tanpa kehadiran satu pun TAPD Tana Toraja, Senin (11/11/2019). Foto: SINDOnews/Joni Lembang

TANA TORAJA - Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Tana Toraja batal dilaksanakan, Senin (11/11/2019). Rapat yang digelar di ruang rapat Banggar lantai III DPRD itu, batal lantaran tidak ada satupun TAPD yang hadir.

Pantauan di lapangan, rapat Banggar bersama TAPD dengan agenda lanjutan pembahasan rancangan APBD 2020 sedianya dilaksanakan pukul 10.00 Wita. Namun tidak ada satupun TAPD yang datang sesuai jadwal. Sehingga rapat ditunda sampai pukul 11.00 Wita.

Saat rapat Banggar kembali dibuka oleh Ketua DPRD Tana Toraja pukul 11.00 Wita, TAPD juga tak kunjung datang. Rapat Banggar pun akhirnya ditutup pukul 11.30 Wita.



"Sangat disayangkan, tidak ada satupun TAPD yang hadir. Padahal, DPRD sudah mengundang mereka untuk rapat kerja bersama Banggar. TAPD seolah melecehkan dan tidak menghargai lembaga DPRD," ujar Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi.

Welem mengatakan, tidak hadirnya TAPD di rapat kerja dengan Banggar memunculkan kesan bahwa mereka tidak menghargai DPRD. Sementara, Permendagri menurut dia, mewajibkan kabupaten dan kota selambat-lambatnya menetapkan APBD 2020 satu bulan sebelum tahun anggaran berakhir, atau 30 November 2019.

Selain itu, sambung Welem, Tana Toraja akan menghadapi tahapan Pilkada serentak 2020. Sehingga, pembiayaan Pilkada untuk KPU, Bawaslu serta pengamanan harus jelas pos anggarannya dalam APBD 2020.

"Pembahasan RAPBD 2020, akan memakan waktu yang cukup lama. Jika APBD 2020 ditetapkan lewat dari batas waktu, kemungkinan besar akan ada sanksi dari pemerintah pusat," jelasnya.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Tana Toraja, Yohanis Napan mengatakan Sekretariat DPRD sudah mengeluarkan undangan kepada TAPD untuk hadir di rapat kerja bersama Banggar di DPRD. Namun, dirinya tidak mengetahui alasan tidak ada satupun TAPD hadir saat rapat Banggar.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook