TOPIK TERPOPULER

Duo Amran Diprediksi Saling Berhadapan Pilkada Wajo Mendatang

M Reza Pahlevi
Duo Amran Diprediksi Saling Berhadapan Pilkada Wajo Mendatang
Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Wajo Amran Mahmn-Amran. Foto: Istimewa

WAJO - Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Amran diprediksi akan saling berhadapan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkda) Wajo nantinya.

Hal itu disampaikan oleh Pengamat Politik Kabupaten Wajo, Muhammad Amir,setelah melihat sejumlah manuver Wakil Bupati Amran untuk melawan Amran Mahmud pada Pilkada mendatang mulai sedikit tercium.



Dirinya menjelaskan, perolehan enam kursi yang dimiliki Partai Gerindra di parlemen, membuat Amran secara diam-diam melakukan berbagai manuver dalam membangun lobi-lobi politik untuk maju melawan Amran Mahmud.

Baca Juga: Amran Mahmud Kembali Pimpin PAN Wajo untuk Periode Keempat

"Koalisi Pammase (Amran-Amran) saya prediksi akan terpecah, Amran Mahmud harus menyadari itu dan mempersiapkan calon Wakil Bupati untuk Pilkada mendatang. Partai Gerindra yang belum memiliki figur diprediksi akan legowo memberikan karpet merah kepada Amran yang notabene kader dari PDI Perjuangan," ujarnya kepada Sindo, Selasa (23/2/2021).

Partai PDI Perjuangan sendiri, kata Amir memiliki satu kursi di parlemen, jika Amran mampu meramu konstalasi politik antara partai, maka tidak menutup kemungkinan dua parta besutan Prabowo Subianto dan Megawati Soekarno Putri akan bersatu melawan PAN sebagai partai pemenang di Kabupaten Wajo.

"Tidak ada yang mustahil dalam dunia politik, walaupun PDI Perjuangan hanya memiliki satu kursi, namun jika Amran mampu membangun deal-deal politik maka saya rasa Partai Gerindra juga tidak mempersoalkan hal itu, apa lagi kondisi saat ini Partai Gerindra sedang krisis figur di Kabupaten Wajo," katanya.



Menurut Amir, salah satu figur yang dinilai layak untuk menggantikan sosok Amran sebagai calon Wakil Bupati untuk mendampingi Amran Mahmud pada kontestasi Pilkasa mendatang yakni salah satu keturunan dari mantan Bupati Wajo dua periode, Andi Burhanuddin Unru.

Baca Juga: Demo di Kantor Bupati Wajo, Warga Minta Tanah yang Diserobot Dikembalikan

Salah satu sosok keturunan dari Andi Burhanuddin itu dinilai tepat untuk mendampingi Amran Mahmud, sebab sampai sejauh ini karisma almarhum Andi Burhanuddin Unru masi melekat di masyarakat Wajo.

"Melihat dan membaca kondisi masyarakat yang masih merindukan sosok almarhum Andi Bur, saya rasa tidak ada salahnya jika Amran Mahmud melirik salah satu keturunannya. Apa lagi Andi Bur pada pilkada 2009 lalu sempat satu paket dengan Amran Mahmud dan berhasil menang. Istilah saya politik balas budi," tuturnya.

Ia pun memprediksi, lanjut Amir, jika Amran Mahmud merangkul salah satu keturunan dari Andi Burhanuddin Unru, maka dapat dipastikan pasangan tersebut akan melenggang dengan mudah pada Pilkada mendatang untuk meraih kemenangan.

"Saya menganggap persoalan Pilkada di Wajo akan selesai di awal jika dua rumpung itu bersatu," tandanya.

Sebelumnya, Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan, sejauh ini ia belum mau memikirkan Pilkada, dan hanya ingin fokus bekerja untuk masyarakat.

Baca Juga: Legislator Wajo Mengadu ke DPRD Sulsel Soal Solusi Ganti Rugi Lahan Bendungan

Menurutnya, kemunculan sejumlah figur-figur baru untuk maju di Pilkada Wajo merupakan suatu kebanggaan untuk Kabupaten Wajo, sebab saat ini Kabupaten Wajo memiliki sejumlah orang-orang potensial yang dapat membawa Kabupaten Wajo jauh lebih baik.

"Saat ini sayabhanya fokus bekerja untuk masyarakat. Saya juga merasa bangga dengan kemunculan figur-figur baru, itu tandanya Putra-putra wajo yang mempunya potensi, siap berkompetisi dalam kontestasi Pilkada untuk memajukan daerah," pungkasnya.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!