alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemprov Sulsel Sediakan Formasi Cumlaude dan Disabilitas

Syachrul Arsyad
Pemprov Sulsel Sediakan Formasi Cumlaude dan Disabilitas
Pemerintah Provinsi Sulsel menyiapkan formasi cumlaude dan disabilitas pada tes CPNS tahun ini. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Pemprov Sulsel secara resmi mengumumkan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019. Proses yang juga secara serentak digelar secara nasional.

Pengumuman ini berdasarkan surat edaran Pemprov Sulsel bernomor: 800/6500/BKD Tentang Seleksi Pengadaan CPNS lingkup Pemprov Sulsel yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi lingkup Pemprov Sulsel, Abdul Hayat Gani yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokoler Setda Sulsel, Devo Khaddafi menjelaskan, pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka sejak tanggal 11-25 November 2019 mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online melalui lama resmi BKN atau website sscasn.bkn.go.id.



"Jadi intinya pendaftaran akan dibuka tanggal 11 November sampai tanggal 25 November. Para pelamar bisa langsung masuk ke website BKN untuk mendaftar secara online," tutur Devo di kantor Gubernur Sulsel, kemarin.

Diketahui, Pemprov Sulsel menerima kuota 195 formasi berdasarkan ketetapan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sebelumnya. Dia menekankan, selain formasi umum, adapula kuota untuk formas khusus.

Dikatakan Devo, formasi khusus ini terbagi atas dua jenis, yakni khusus cumlaude dengan alokasi 4 formasi, sedangkan khusus disabilitas sebanyak 4 formasi pula. Sementara formasi umum, ada 187 formasi yang terdiri dari tenaga kesehatan 74 formasi, tenaga teknis 113 formasi.

"Jadi ada formasi khusus cumlaude dan disabilitas. Kemudian ada formasi umum. Untuk formasi umum itu ada tenaga kesehatan kemudian tenaga teknis," imbuhnya. Sementara untuk tenaga pendidikan, Pemprov Sulsel tidak mengakomodir di seleksi CPNS tahun ini.

Dia berharap, para calon pendaftar memperhatikan baik-baik persyaratan seleksi CPNS. Informasi terkait pengadaan CPNS 2019 selain bisa diakses di SSCASN BKN, juga bisa melalui laman resmi BKD Sulsel yakni website: http://bkdsulselprov.go.id.

Untuk formasi khusus baik cumlaude maupun disabilitas, kata dia, ada ketentuan syarat tambahan. Misalnya pada formasi khusus cumlaude, pelamar merupakan mahasiswa lulusan predikat cumlaude pada perguruan tinggi dan program studi berkareditasi A.

Sementara pelamar di formasi disabilitas, diwajibkan melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

"Jadi pelamar harus betul-betul memperhatikan persyaratan yang diminta karena itu harus betul-betul diikuti dan keputusan panitia hasil seleksi tidak bisa diganggu gugat," tegas Devo.

Berdasarkan surat edaran terkait seleksi pengadaan CPNS Pemprov Sulsel, pengumuman hasil seleksi administrasi pada 9 Desember mendatang. Kemudian, masa sanggah 10-12 Desember 2019.

Masa sanggah ini merupakan kesempatan para pelamar melakukan verifikasi jika gagal mendaftar administrasi. "Masa sanggah 3 hari. Jadi sesudah pengumuman akan dilakukan pengumuman masa sanggah 19 Desember 2019," ucap dia.

Senentara jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD) akan digelar Januari tahun 2020. Pengumuman hasil seleksi SKD, dan dilanjut seleksi kompetensi bidang (SKB) pada April 2020, disusul pengumuman seleksi akhir CPNS pada April 2020 nanti.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook