alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rekrutmen Panwascam di Pilkada Maros 2020 Dilakukan Secara Online

Najmi Limonu
Rekrutmen Panwascam di Pilkada Maros 2020 Dilakukan Secara Online
Bawaslu Maros akan melakukan perekrutan panita pengawas kecamatan (Panwascam) di Pilkada melalui sistem daring. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAROS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros, akan membuka Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Maros Sufirman mengatakan, proses seleksi ini akan dilakukan secara online. Tes tertulis berbasis Daring tersebut mengacu pada Surat Keputusan Ketua Bawaslu Republik Indonesia tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam Tahun 2019.

Saat ini, kata dia, SK tersebut sementara disosialisasikan secara teknis kepada Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu di 270 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 mendatang.



Sufirman menambahkan, proses rekrutmen kali ini berbeda dengan seleksi Panwascam pada Pilkada dan Pemilu sebelumnya. Saat itu kata dia, tes tulis dilakukan secara manual.

"Rekrutmen Panwascam tahun ini akan dilakukan dengan sistem pendaftaran terbuka dan berbasis online. Sementara ini kami mengikuti rakor rekrutmen Panwascam di Bali sembari mengecek lembaga atau tempat yang memiliki lab komputer yang memadai untuk digunakan pada pelaksanaan tes tertulis Panwascam mendatang," tambahnya.

Menurut Sufirman hal yang berbeda pada seleksi Panwascam kali ini selain tes melalui mekanisme online juga rentang waktu memberikan tanggapan oleh masyarakat atas pendaftar yang cukup panjang, hal ini dimaksudkan untuk mengikutsertakan masyarakat guna memberikan penilaian pada aspek integritas calon-calon Panwascam ke depan.

"Kami berharap masyarakat dapat terlibat aktif mengawal proses seleksi dengan memberi masukan dan tanggapan yang dapat disampaikan langsung ke kantor Bawaslu Kabupaten Maros atau melalui email dan nomor telpon yang disediakan," tutupnya.

Panwascam nantinya akan bertugas melakukan Pengawasan terhadap seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada mulai dari Regulasi, Penyelenggara, Peserta Pemilihan (Pasangan Calon), Tim Kampanye, dan Masyarakat.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook