alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Panggil Camat Simbuang, RDP Dugaan Komersialisasi Bantuan Eskavator

Joni Lembang
DPRD Panggil Camat Simbuang, RDP Dugaan Komersialisasi Bantuan Eskavator
DPRD Tana Toraja memanggil Camat Simbuang terkait dugaan komersialisasi eskavator bantuan. Foto: Ilustrasi

TANA TORAJA - DPRD Kabupaten Tana Toraja memanggil Camat Kecamatan Simbuang untuk rapat dengar pendapat (RDP). Camat Simbuang dipanggil untuk dimintai penjelasan terkait dugaan komersialisasi bantuan eskavator bantuan Dinas Pertanian.

Pada pemanggilan pertama 6 November lalu, Camat Simbuang tidak menghadiri panggilan RDP dari DPRD. Hal itu diutarakan ketua Komisi I DPRD Tana Toraja, Stefanus Maluangan.

"Kami sudah undang Camat Simbuang untuk rapat dengar pendapat pada tanggal 6 November lalu terkait eskavator dinas pertanian yang diduga disewakan ke masyarakat. Tapi, yang bersangkutan tidak hadir," ujar Stefanus di gedung DPRD Tana Toraja, Selasa (12/11/2019).



Sebelum mengundang Camat Simbuang, Komisi 1 sudah meminta penjelasan Inspektorat yang melakukan investigasi pemanfaatan eskavator Dinas Pertanian di Kecamatan Simbuang. Dari keterangan Inspektorat, prosedur penggunaan eskavator diduga ada pelanggaran. Sebab, disewakan kepada masyarakat.

Keterangan Inspektorat ke Komisi 1, kata Stefanus, tidak ada dasar hukum pihak Kecamatan Simbuang memungut sewa eskavator kepada masyarakat. Meski pemungutan sewa itu dengan dalih biaya honor operator maupun pembelian bahan bakar.

Tanpa dasar hukum memungut sewa eskavator, maka menurut Stefanus, sewa yang dipungut dari masyarakat berpotensi menjadi pungutan liar.

"Itu yang ingin Komisi 1 dengar penjelasan langsung dari Camat Simbuang, apa dasar hukumnya eskavator dinas pertanian disewakan ke masyarakat," kata legislator PDI Perjuangan itu.

Komisi 1, lanjut Stefanus menyayangkan ketidakhadiran Camat Simbuang di rapat dengar pendapat DPRD. Hal itu menurut dia menunjukkan, kalau Camat Simbuang tidak memiliki niat untuk menjalin kemitraan dengan DPRD.

"Komisi 1 pun sepakat menjadwalkan ulang pemanggilan Camat Simbuang hadiri hearing DPRD pada Rabu (13/11/2019)," pungkas Stefanus.

Kepala Inspektorat Tana Toraja, Damoris Sembiring mengakui sudah menurunkan tim khusus ke Kecamatan Simbuang melakukan investigasi penggunaan eskavator yang diduga disewakan ke masyarakat tanpa ada dasar hukumnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook