TOPIK TERPOPULER

Diskominfo Enrekang Belajar Prosedur Pendirian Stasiun Radio ke Pemkab Gowa

Herni Amir
Diskominfo Enrekang Belajar Prosedur Pendirian Stasiun Radio ke Pemkab Gowa
Kepala Diskominfo Enrekang, Hasbar (kiri) saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gowa, Senin (22/2/2021). Foto: Humas Pemkab Gowa

GOWA - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Enrekang melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Gowa, Senin (22/2/2021).

Kepala Diskominfo Enrekang, Hasbar mengatakan, kedatangan pihaknya ke Kabupaten Gowa untuk belajar terkait pemberitaan dan membangun kemitraan dengan media. Mulai dari media massa, media elektronik, terutama media online.



Baca juga: Pemkab Enrekang Akan Gunakan Dana PEN Perbaiki Jalan Rusak Maiwa-Bungin

Apalagi saat ini, di Kabupaten Enrekang sudah banyak muncul perusahaan media online. Sehingga dirinya pun merasa perlu belajar tips-tips memilih media online untuk diajak bekerja sama dalam rangka menginformasikan ke masyarakat terkait kebijakan hingga pencapaian yang telah diraih pemerintah.

"Mengingat tahun ini kami baru pertama kalinya akan bekerja sama atau bermitra dengan media online. Makanya kami perlu banyak masukan," katanya di sela-sela kunjungan, Senin (22/2/2021).

Pada kesempatan yang sama, pihaknya juga mempelajari terkait prosedur dalam mendirikan radio tingkat daerah hingga infrastruktur jaringan yang dapat tersambung ke seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa.

Baca juga: Kepala Dinas PTSP Meninggal, Bupati Enrekang: Dia Sosok Pekerja Keras



"Kami memilih Kabupaten Gowa karena daerah ini memiliki topografi yang sama dengan di Enrekang. Karena wilayah kami ada juga pegunungan jadi mirip dengan wilayah kami," ujarnya.

Sementara, Kepala Diskominfo Gowa, Arifuddin Saeni menjelaskan bahwa pihaknya menjalankan empat bidang dengan program prioritas masing-masing. Khusus pemberitaan dan kemitraan dengan media berada di bawah Bidang Komunikasi Publik.

Ia menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan media. Baik media cetak, elektronik atau televisi maupun media online.

Baca juga: 191 Orang Ikuti Seleksi Tilawatil Quran Tingkat Kabupaten Gowa

"Komunikasi dengan sejumlah media terus dijalin dengan baik hingga saat ini. Karena kami merasa pembangunan daerah akan berjalan dengan baik dengan dukungan dari media," ujarnya.

Saat ini, Diskominfo Gowa juga telah mengelola media sendiri yaitu radio dan media online.

Sementara untuk infrastruktur jaringan yang ada di wilayah Ibu Kota Kabupaten Gowa, yakni Kota Sungguminasa sudah terkoneksi jaringan fiber optik. Sementara untuk dataran tinggi jaringannya menggunakan base transceiver station (BTS).

Baca juga: Transaksi Elektronik Dimasifkan untuk Kurangi Peredaran Uang Palsu

"Jadi kita pakai repeater yang dipasang di tower-tower milik vendor yang kita ajak kerja sama," ungkapnya saat menerima rombongan Diskominfo Enrekang di Peace Room A'Kio, kantor Bupati Gowa.

Arifuddin berharap, hasil kunjungan kerja ini bisa bermanfaat bagi Kabupaten Enrekang maupun Kabupaten Gowa, serta terus dapat melakukan komunikasi dan koordinasi dengan baik.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!