Dibutuhkan Tubuh, Ini Deretan Makanan Kaya Vitamin D

Rabu, 24 Februari 2021 - 08:57 WIB
loading...
Dibutuhkan Tubuh, Ini Deretan Makanan Kaya Vitamin D
Vitamin D adalah salah satu yang paling dibutuhkan tubuh. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Vitamin D adalah salah satu yang paling dibutuhkan tubuh. Sejumlah penelitian menyebutkan kekurangan vitamin D bisa meningkatkan potensi terinfeksi virus.

Tak hanya itu, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, osteoporosis, diabetes tipe 1, serta beberapa kanker di antaranya payudara, prostat, ovarium, dan sistem limfatik.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa Anda masukkan dalam menu makanan sehari-hari, seperti dilansir dari laman Times Now News.

1. Telur Utuh
Anda bisa konsumsi telur secara utuh karena putih telur kaya akan protein, sementara kuning telur merupakan sumber vitamin, mineral, dan lemak omega-3 yang sangat baik.



2. Salmon
Ikan berlemak ini adalah sumber vitamin D yang baik. Menurut Database Komposisi Makanan USDA, 100 gram salmon mengandung 526 IU vitamin D . Selain itu salmon juga kaya akan lemak omega-3, protein, kalium, dan beberapa nutrisi lain.

3. Tuna Kalengan
Selain vitamin D , tuna kalengan juga mengandung kadar niasin dan vitamin K yang baik. Satu porsi tuna kalengan memberi Anda sekitar 268 IU vitamin D .

4. Jamur
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa jamur merupakan sumber vitamin D nabati. Perlu diketahui, jamur yang dapat kita makan mampu mensintesis vitamin D2 ketika terkena sinar UV.

5. Makanan yang Diperkaya
Sumber alami vitamin D memang terbatas, namun ada sejumlah makanan yang memiliki nutrisi ini seperti susu kedelai, susu sapi, jus jeruk, sereal, dan oatmeal.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)