Tekan Kasus Covid-19, Pemkab Gowa PPKM Mikro di Desa dan Kelurahan

Rabu, 24 Februari 2021 - 10:24 WIB
loading...
Tekan Kasus Covid-19, Pemkab Gowa PPKM Mikro di Desa dan Kelurahan
Pemkab Gowa memulai PPKM Skala Mikro di tingkat desa dan kelurahan di 18 kecamatan. Foto: Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memulai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di desa dan kelurahan di 18 Kecamatan, sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 .

"Semua desa dan kelurahan sudah melakukan Penerapan PPKM dibawah pengawasan camat. Kita mulai sejak Senin kemarin (22/2/2021)," kata Pelaksana Harian (Plh) Bupati Gowa, Kamsina, Rabu (24/2/2021).

Dia menjelaskan, selama PPKM Skala Mikro , desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa membentuk posko penanganan. Tim yang ada di posko ini akan melakukan identifikasi penyebaran Covid-19 hingga ke tingkat RT/RW di setiap desa.

Penerapan PPKM ini pun sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang terbaru yaitu Inmendagri Nomor 4 Tahun 2021. Dimana di dalamnya ada perpanjangan PPKM hingga tanggal 8 Maret.

Kamsina berharap PPKM Skala Mikro ini bisa berjalan dengan baik agar bisa memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Gowa dan pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

Salah satu yang sudah menerapkan PPKM Skala Mikro yaitu seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Pallagga. Camat Pallagga, Taufik M Akib mengatakan sebanyak 16 desa dan kelurahan sudah menerapkan PPKM Skala Mikro .

"Hari pertama kemarin kita melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dan pintu-pintu masuk desa dan kelurahan serta tempat umum," kata Taufik M Akib.



Selain itu, salah satu desa yang juga sudah melaksanakan PPKM Skala Mikro adalah Desa Lassa-lassa, Kecamatan Bontolempangan. Kepala Desa Lassa-lassa, Awaluddin Hamzah mengatakan selama penerapan PPKM, setiap masyarakat yang ingin masuk ke wilayahnya harus dilakukan pemeriksaan protokol kesehatan.

"Kita mulai memberlakukan PPKM dengan membatasi kegiatan masyarakat dan memeriksa penerapan protokol kesehatan bagi warga yang lewat di Posko Desa Batas Desa Lassa-Lassa dengan Desa Bontoloe," kata Awaluddin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3062 seconds (0.1#10.140)