alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dewan Minta Dinas Pertanian Anggarkan Operasional Excavator di Simbuang

Joni Lembang
Dewan Minta Dinas Pertanian Anggarkan Operasional Excavator di Simbuang
Dewan minta Dinas Pertanian Anggarkan dana operasional excavator di Kecamatan Simbuang. Foto: Sindonews/dok

TANA TORAJA - Setelah komisi I DPRD menyoroti dugaan pelanggaran prosedur penggunaan bantuan excavator Dinas Pertanian di kecamatan Simbuang dengan mengundang Camat Kecamatan Simbuang untuk rapat dengar pendapat (RDP).

Kini giliran Komisi II yang ikut menyoroti keberadaan excavator yang biaya operasionalnya dibebankan kepada masyarakat pengguna.

"Komisi II sudah rapat kerja dengan Dinas Pertanian beberapa hari lalu. Salah satu sorotan dalam rapat kerja itu, yakni, keberadaan excavator Dinas Pertanian yang ditempatkan di kecamatan Simbuang," ujar Anggota Komisi II DPRD Tana Toraja, Kendek Rante di gedung DPRD Tana Toraja.



Dia mengatakan, excavator dinas pertanian yang ada di kecamatan Simbuang itu bertujuan untuk program pencetakan sawah baru dan membantu penanganan darurat bencana tanah longsor.

Sayangnya, bantuan excavator itu tidak berjalan efektif karena tidak adanya biaya operasional. Seperti, honor operator, pembelian bahan bakar serta biaya pemeliharaan. Sehingga, pengelolaan alat berat itu diambil alih oleh pemerintah kecamatan setempat.
Masyarakat yang akan menggunakan alat berat itu harus mengajukan permohonan pinjam pakai serta menanggung biaya operasional.

"Kondisi itu pun membuat persepsi di masyarakat jika alat berat milik dinas pertanian itu disewakan atau dikomersialisasikan," ujar legislator Partai Golkar itu.

Kendek Rante yang juga mantan Kepala Disdukcapil Tana Toraja menambahkan, Komisi II meminta Dinas Pertanian menarik excavator di kecamatan Simbuang sementara waktu serta mengusulkan anggaran operasional excavator dalam rancangan APBD 2020.
Sehingga, kata dia, penggunaan alat berat itu berjalan maksimal dan masyarakat yang ingin menggunakannya tidak dibebani biaya apapun.

"Dinas Pertanian segera usulkan anggaran operasional excavator di kecamatan Simbuang guna menghindari persepsi alat berat itu dikomersialisasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab," jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja, Salvius Pasang saat dikonfirmasi belum lama ini mengakui anggaran untuk operasional excavator di perbantukan di kecamatan Simbuang tidak ada.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook