alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tambang Pasir Milik Kepala Desa di Wajo Langgar Aturan

M Reza Pahlevi
Tambang Pasir Milik Kepala Desa di Wajo Langgar Aturan
Tambang pasir milik Kepala Desa (Kades) Lowa Kecamatan Tanasitolo, Sumardi yang berlokasi di Sungai Bila, Jalan Poros Belawa-Lajokka, tenyata tidak memiliki bak penampungan. Foto : Ilustrasi/SINDOnews

WAJO - Tambang pasir milik Kepala Desa (Kades) Lowa Kecamatan Tanasitolo, Sumardi yang berlokasi di Sungai Bila, Jalan Poros Belawa-Lajokka, tenyata tidak memiliki bak penampungan.

Kondisi ini pun melanggar aturan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Wajo.

"Iye tidak ada. Izinnya punya saya tapi mesin milik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)," ujar Sumardi terus terang kepada SINDOnews, Rabu (13/11/2019).



Sebelumnya, DLH Wajo mengeluarkan larangan beroperasi bagi tambang pasir yang tidak memiliki bak penampung. Hal tersebut bertujuan agar tidak merusak lingkungan.

Bahkan DLHD Wajo telah mengeluarkan surat teguran kepada beberapa pengelola tambang pasir di sepanjang aliran Sungai Walennae Kecamatan Sabbangparu. Yakni, di Salojampu Kelurahan Sompe, Caleko Desa Wage, dan Cellamata Desa Mallusesalo.

Terkait himbauan tersebut, Sumardi memilih irit berkomentar. Ia berdalih belum pernah menerima penyampaian larangan pengoperasian tambang pasir, yang tidak disertai bak penampung. "Baru saya dengar kalau seperti itu," kilahnya.

Sementara itu, Kadis DLHD Wajo, Andi Baso Iqbal menegaskan tidak akan timbang pilih dalam menertibkan tambang yang mengancam dan merusak lingkungan.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook