alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Realistis Tatap Pilkada Gowa, Darmawangsyah Muin Undur Gas

Ahmad Muhaimin
Realistis Tatap Pilkada Gowa, Darmawangsyah Muin Undur Gas
Bakal calon bupati Gowa, Darmawangsyah Muin mengaku tak ingin mengambil langkah terlalu jauh dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Bakal calon bupati Gowa, Darmawangsyah Muin mengaku tak ingin mengambil langkah terlalu jauh dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini bahkan sementara undur gas, sembari menunggu revisi undang-undang Pilkada terbaru yang digodok Kementrian Dalan Negeri (Kemendagri).

“Kita tunggu aturan terbaru. Kalau sudah ada, kita wawancara lagi (soal Pilkada),” singkat Wawan saat ditemui di Gedung DPRD Sulsel, Rabu (13/11/2019).



Ketua Organisasi, Keanggotaan & Kekaderan (OKK) DPD Gerindra Sulsel ini menunggu perubahan PKPU terkait status anggota dewan yang akan bertarung di Pilkada 2020. Apakah bisa maju dengan hanya mengambil cuti, tanpa harus menanggalkan jabatannya di parlemen.

Sebelumnya, Wawan menilai draf revisi undang-undang Pilkada sedianya kurang adil. Pasalnya, mengharuskan seorang legislator DPRD yang ikut serta untuk mengundurkan diri jika maju sebagai calon kepala daerah.

Berbeda, dengan seorang ASN, Polri, ataupun TNI dibolehkan maju sebagai kepala daerah tanpa harus mengundurkan diri. ASN, polri, maupun TNI cukup seizin atasannya ditambah cuti di luar tanggungan. Hal itu tertuang dalam draf RUU pilkada yang digagas Kemendagri.

“Ini memang kabar baik bagi TNI, Polri maupun ASN. Sayangnya ini menjadi kabar yang tidak mengembirakan, bahkan kurang adil menurut saya bagi anggota dewan,” ujarnya belum lama ini.

Wawan melanjutkan, untuk mendapatkan pemimpin terbaik harus dibuka ruang seluas luasnya. Bahkan harusnya dipermudah bagi siapa saja yang ingin maju.

“Jika dibuka ruang seluas-luasnya maka semakin banyak calon yang ditawarkan untuk dipilih oleh rakyat,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Gerindra Gowa, Idris Rate memaklumi sikap Wawan di Pilkada 2020.

“Iya, termasuk itu juga kita tunggu. Karena itu akan mempengaruhi situasi politik,” pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook