TOPIK TERPOPULER

Pertamina Dorong Peningkatan Market Share Pertalite dan Pertamax di Sulawesi

Marhawanti Sehe
Pertamina Dorong Peningkatan Market Share Pertalite dan Pertamax di Sulawesi
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menerima kunjungan Senior Supervisor Communication and Relations PT Pertamina (Persero) Regional Sulawesi, Taufiq Kurniawan di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Rabu (24/2/2021). Foto: Pertamina

MAKASSAR - PT Pertamina (Persero) terus berupaya mendorong peningkatan penggunaan produk pertalite dan pertamax. Tidak tanggung-tanggung, jika konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dinilai lebih ramah lingkungan tersebut meningkat, PT Pertamina akan memberikan diskon khusus.

Hal tersebut diungkapkan oleh Senior Supervisor Communication and Relations PT Pertamina Regional Sulawesi, Taufiq Kurniawan kepada SINDOnews, Rabu (24/2/2021).



Baca juga: Gubernur Nurdin Dukung Program Langit Biru, Penggunaan BBM Ramah Lingkungan

Dia menjelaskan, PT Pertamina menargetkan market share premium menyentuh angka 30 persen. Apabila target tersebut berhasil dicapai, Pertamina telah menyiapkan promo khusus untuk produk pertalite bagi pelanggan.

"Kita melakukan program, promo yang akan kita berikan apabila market share premium sudah bergeser ke 30 persen di Sulsel," urainya.

Berdasarkan data yang dihimpun PT Pertamina, konsumsi BBM pada tahun 2020 lalu di Sulawesi masih didominasi oleh premium dengan market share sebesar 54,2 persen, disusul pertalite 42,6 persen. Sedangkan untuk Kota Makassar, market share premium masih cukup tinggi, yaitu menguasai market share 70,1 persen, disusul pertalite sebesar 24,4 persen.

"Kami meminta dukungan kepada masyarakat karena Sulsel dan Makassar khususnya, itu penggunaan premium masih besar. Jadi kita ingin dorong masyarakat, kita perlu edukasi terus penggunaan dan manfaatnya untuk masyarakat," jelas Taufiq.



Baca juga: Sambil Ngopi, Beli Bensin & Gas Elpiji Tinggal Pencet Aplikasi

Berkaca dari kota lainnya di area Sulawesi, dia mengaku optimis market share pertalite dan pertamax dapat meningkat di Makassar. "Kalau berkaca dari kota lain, sudah bisa jalan dalam waktu dekat. Tapi balik lagi ke masyarakat animonya bagaimana. Kalau mereka sudah lebih sadar lingkungan, bisa kita laksanakan (promo)," ujarnya.

PT Pertamina pun terus memasifkan edukasi dan sosialisasi penggunaan BBM ramah lingkungan melalui program langit biru (PLB). Program ini juga mengharapkan dukungan dari berbagai stakeholder, termasuk dari pemerintah.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyambut baik PLB yang digagas oleh PT Pertamina. Dia pun mengajak masyarakat merasakan langsung penggunaan BBM dengan kualitas yang lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan dengan udara yang bersih dan sehat.

"Saya mengajak masyarakat Sulawesi Selatan untuk beralih menggunakan BBM berkualitas seperti pertalite dan pertamax agar udara lebih bersih dan sehat. Mariki warga Sulsel beralih ke BBM yang lebih berkualitas sehingga dapat berkendara dengan nyaman, udara bersih dan sehat," kata Nurdin Abdullah di kantor Gubernur Sulsel, Rabu (24/2/2021).

Baca juga: Pemerintah Dorong Upaya Eksplorasi untuk Industri Migas Indonesia

Sebagai informasi tambahan, PLB merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Upaya pencegahan pencemaran udara, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (research octane number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna. Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni pertalite dengan RON 90, pertamax RON 92 dan pertamax turbo RON 98.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!