ABK KM Lambelu: Kita Tinggal Tunggu Waktu Jadi Positif Covid-19

Jum'at, 17 April 2020 - 23:05 WIB
loading...
ABK KM Lambelu: Kita Tinggal Tunggu Waktu Jadi Positif Covid-19
KM Lambelu. Pasien positif Covid-19 di atas kapal KM Lambelu terkonfirmasi bertambah 66 orang. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kasus positif Covid-19 di KM Lambelu meningkat signifikan. Hingga hari ini, Jumat (17/4/2020) sudah ada 92 orang positif terinfeksi virus asal Wuhan, China tersebut.

Salah satu anak buah kapal (ABK) KM Lambelu yang dikonfirmasi SINDOnews, menceritakan kondisi di atas kapal yang saat ini berada di zona karantina di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

Meski ia masih negatif berdasarkan hasil pemeriksaan swab, namun ia ragu bisa tetap mempertahankan status tersebut, karena di atas kapal masih berbaur dengan pasien yang sudah dinyatakan positif.

"Kalau seperti ini terus, kita tinggal tunggu waktu saja jadi positif juga, kalau ada pembagian makanan kita dipanggil, tidak dipisahkan," kata ABK KM Lambelu yang enggan disebutkan namanya ini.

Selain itu kata dia, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 juga masih selalu keluar jalan di atas kapal dan tidak tinggal di tempat isolasinya.

"Apalagi kamar juga tidak cukup untuk isolasi. Sekarang jumlahnya ada 92 orang positif. Ada yang punya gejala juga ada yang tanpa gejala," katanya.

Meski demikian, dia mengaku seluruh yang ada di atas kapal tetap disuruh giat berolahraga, dan menjaga imun tubuh. ( )

"Jadwalnya itu pagi dan sore untuk olahraga. Kita pasien yang negatif juga sebenarnya butuh vitamin, supaya imun bisa tetap terjaga," katanya.

Ia menceritakan awal mula terjadinya kasus positif Covid-19 di KM Lambelu. ABK yang berusia 37 tahun ini mengatakan, itu bermula saat KM Lambelu memuat penumpang dari Ijtima Dunia zona Asia dari Kabupaten Gowa.

Kata dia, mereka turun di Nunukan, setelah itu didapatkan kabar ada yang positif Covid-19. Makanya setelah itu kapal ditolak bersandar di Bau-bau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2596 seconds (0.1#10.140)