TOPIK TERPOPULER

PMI Sulsel Daftarkan Relawan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Herni Amir
PMI Sulsel Daftarkan Relawan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Adnan Purichta Ichsan saat memimpin musyawarah kerja PMI Sulsel di Jl Lanto Dg Pasewang, Rabu (24/2/2021). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Adnan Purichta Ichsan memimpin musyawarah kerja Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, Rabu (24/2/2021). Kegiatan yang dihadiri pengurus PMI kabupaten/kota se-Sulsel ini, digelar secara virtual dan dipusatkan di markas PMI Sulsel, Jalan Lanto Dg Pasewang, Kota Makassar.

Adnan menyampaikan, musyawarah kerja ini bertujuan merancang program dan mengumpulkan masukan PMI kabupaten/kota se-Sulsel. Khususnya program-program kemanusiaan yang fokus pada penanganan Covid-19.



Baca juga: PMI Sulsel Akan Fokus Penanganan Pandemi Covid-19 Tahun Ini

PMI Sulsel kata dia, ingin terus memberikan manfaat bagi masyarakat se-Sulsel. "Tugas PMI di SK gugus tugas adalah bidang sterilisasi sehingga kita tetap melakukan penyemprotan disinfektan," kata Adnan.

Pada tahun 2021 ini, PMI Sulsel juga memberikan jaminan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan kepada para relawan PMI Sulsel.

"Di tahun 2021 kita beri asuransi bagi para relawan PMI. Jadi kita kerja sama BPJS Ketenagakerjaan, sehingga relawan telah dijamin asuransi," ujarnya.

Baca juga: Donor Darah, Pemkab Gowa Kumpulkan 126 Kantong Darah



Dalam kesempatan itu, Adnan juga melaporkan kegiatan PMI Sulsel sepanjang tahun 2020 dalam upaya penanganan Covid-19. Seperti kampanye 3 M, memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan yang menyasar masyarakat umum. Baik pasar maupun lokasi penjual kuliner.

Kedua, pelibatan masyarakat dalam respons penanganan Covid-19 di 30 desa/kelurahan di Kabupaten Gowa, Kota Makassar dan Kabupaten Maros.

Ketiga pembagian alat penyemprot dan bahan disinfektan ke Kabupaten/Kota, instansi seperti TNI/Polri, masjid dan gereja serta organisasi kemasyarakatan lainnya. Keempat pemberian alat pelindung diri (APD) PMI kabupaten-kota serta rumah sakit.

Baca juga: UNM Siapkan Relawan Psikolog Bantu Pemulihan Psikis Korban Covid-19

"Kita melaporkan pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan yang telah kita lakukan di tahun 2020," katanya.

Putra mendiang Ichsan Yasin Limpo itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus PMI Kabupaten Kota se-Sulsel atas peran aktif secara kelembagaan. Baik dalam kegiatan penanganan bencana selama masa pandemi maupun kegiatan upaya pencegahan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Sekretaris PMI Sulsel, Rahmansyah menambahkan, selain penyemprotan disinfektan, PMI Sulsel juga akan membagikan APD kepada RS rujukan Covid-19.

Baca juga: GMTD Gandeng PMI Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

Terpisah Ketua PMI Kabupaten Takalar Achmad Daeng Se're menyampaikan siap mengambil peran dan menyukseskan program-program kemanusiaan di wilayah Sulsel.

"Kami siap mengambil peran di wilayah Selatan Sulsel dalam penanganan pencegahan Covid-19 sesuai arahan Ketua PMI Sulsel Bapak Adnan Purichta Ichsan," kata Wakil Bupati Takalar tersebut.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!