alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kota Palopo Boyong Sejumlah Penghargaan Kesehatan di HKN ke-55

Chaeruddin
Kota Palopo Boyong Sejumlah Penghargaan Kesehatan di HKN ke-55
Ketua Forum Kota Sehat, dr Utiah Sari, menerima penghargaan Swasti Sabha Wistara. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

PALOPO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo meraih sejumlah penghargaan di bidang kesehatan. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan bertepatan pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 baru-baru ini.

Penghargaan tersebut diantaranya, penghargaan kota sehat, Swasti Sabha Wistara, Posyandu terbaik ketiga tingkat Sulsel, dan penghargaan tenaga kesehatan teladan.

Menurut Asisten III Pemkot Palopo, dr Ishak Iskandar, yang juga merupakan mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, penghargaan Swasti Sabha Wistara adalah penghargaan yang diraih Kota Palopo untuk ketiga kalinya.



"Penghargaan Swasti Sabha Wistara adalah yang ketiga kalinya secara berturut-turut diraih Kota Palopo dan yang kelimanya selama ini. Penghargaan serupa yakni dua kali Swasti Sabha Wiwerda," katanya.

"Jadi sudah tujuh kali Kota Palopo meraih penghargaan serupa ini di bidang kesehatan sejak tahun 2007 dengan rincian, tahun 2007 Wiwerda, 2009 Wistara, 2011 Wistara, 2013 Wiwerda, 2015 Wistara, 2017 Wistara dan 2019 tahun ini kembali Wstara," lanjutnya.

Ishak menyampaikan, prestasi ini jelas menunjukan Kota Palopo sebagai kota yang sehat dan layak huni. Dirinya menyebutkan prestasi ini diraih berkat kerja keras pemerintah dan yang paling utama adalah kesadaran masyarakat Kota Palopo akan pentingnya menjaga hidup sehat dan lingkungan yang bersih.

"Sehat dan lingkungan yang bersih memiliki hubungan dalam menciptakan sebuah keluarga yang sehat disamping pula dipengaruhi pola hidup seperti makan makanan yang bergizi. Pemerintah sangat berperan dalam hal disamping karena kesadaran masyarakat sendiri," ujarnya.

Sementara itu, penghargaan terbaik ketiga pada lomba Posyandu di Sulsel diberikan kepada Posyandu Timah binaan PKM Bara Permai Kelurahan Buntu Datu.

Selain itu, diberikan pula penghargaan untuk tenaga kesehaan teladan di Kota Palopo dengan inovasi Banua Merah. Penerimaan penghargaan ini diikuti oleh pihak terkait di antaranya, Ketua Forum Kota Sehat yakni, dr Utiah Sari, dan Kepala Puskesmas Wara Selatan, Herawati.

"Ini merupakan prestasi kita bersama, prestasi masyarakat Palopo. Pemerintah dan masyarakat membuktikan jika Kota Palopo Mapaccing Toda atau bersih dan masyarakatnya sehat," beber Utiah Sari.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook