alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sanggar Seni Kawali Soppeng Pukau Penonton Pentas Seni Milad LSB Arung Palakka

Supriadi Ibrahim
Sanggar Seni Kawali Soppeng Pukau Penonton Pentas Seni Milad LSB Arung Palakka
Persembahan Tari Makkunrai Ri Cappa Pangkaukeng Sanggar Seni Kawali Soppeng di Milad ke-27 Lembaga Seni Budaya (LSB) Arung Palakka, berhasil memikat sejumlah penonton. Foto : SINDOnews/Supriadi Ibrahim

WATAMPONE - Persembahan Tari Makkunrai Ri Cappa Pangkaukeng Sanggar Seni Kawali Soppeng di Milad ke-27 Lembaga Seni Budaya (LSB) Arung Palakka, berhasil memukau sejumlah penonton.

Dari pantauan, sambil duduk di kursi tenang para penonton dibuat kagum. Beberapa kali para penonton tampak mengambil gambar menggunakan kamera telepon genggam untuk dokumentasi.

Tari Makkunrai Ri Cappa Pangkaukeng Sanggar Seni Kawali Soppeng ini menceritakan tentang dua sisi wanita. Pada hakikatnya wanita dianggap sebagai makhluk lemah yang tak dapat melakukan apa-apa tanpa sosok lelaki.



Tari ini menggunakan properti kain yang melambangkan kelembutan wanita dan Api yang melambangkan kekuatan bagi kaum Wanita.

"Ya kagum melihat pementasan tadi dari awal tampil hingga akhir pementasan ada muncul penari dari kiri kanan panggung sambil membawa peralatan tari yang menggunakan api kemudian menari," kata Karman salah satu pengunjung pentas seni tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia, Adriansyah, mengatakan, kegiatan pentas seni budaya dan pameran pusaka ini digelar dalam rangka Milad Lembaga Seni Budaya Arung Palakka ke-27 tahun.

Adapun tema yang diangkat pada milad LSB Arung Palakka tahun ini lanjut Adriansyah, yakni menjalin dan mempererat tali silaturahmi dalam bingkai seni budaya di Kabupaten Bone.

"Kegiatan ini kita gelar sebagai upaya melestarikan seni dan budaya di Milad LSB Arung Palakka," kata Adriansyah

Selanjutnya dia menyebutkan, beberapa kelompok seni tradisional atau saggar seni yang akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Diantaranya, sanggar seni Kawali dari Kabupaten Soppeng, Saoraja art, Sanggar Seni Sulewatan, Ongkona Bone Arts, Bs Project, Brother Jamz, Tree Step, Cikalistik, Vartikal Pallawa Watakkale, Sigajang Laleng Lipa, Paggenrang Rukka, dan Gambus Modern.

"Selain itu, kami juga mengadakan lomba busana adat tingkat Taman Kanak-kanak (TK), SD, dan tingkat SMP sederajat. Acara ini akan berlangsung selama 4 hari kedepan," pungkas Dia.



(sss)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook