alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Buah Fantastis Ini Terbukti Berkhasiat Atasi Borok Hingga Diabetes

Sri S Syam
Buah Fantastis Ini Terbukti Berkhasiat Atasi Borok Hingga Diabetes
Buah ini sekarang banyak diburu bahkan harganya sudah mulai melonjak yakni Rp10.000 per biji atau Rp500 ribu per kilo. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Mungkin belum banyak yang satu buah ceplukan. Buah ini sekarang banyak diburu bahkan harganya sudah mulai melonjak yakni Rp10.000 per biji atau Rp500 ribu per kilo.

Di Indonesia, buah ini banyak tumbuh di lahan kosong dan tumbuh liar di sejumlah daerah. Tanaman ini mudah tumbuh di lahan kering yang tidak becek. Dan tanamam ini sangat berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit, berikut tips dan cara menggunakan buah ini untuk berbagai penyakit.

Diabetes Melitus
Ambil pohon ceplukan yang sudah berbuah, cabut sampai akarnya. Cuci bersih, layukan. Setelah layu rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa segelas saja. Saring lalu minum satu kali sehari.



Sakit Paru-paru (Batuk Rejan, Brongkhitis, Gondokan) serta Pembengkakan Buah Pelir
Ambil buah ceplukan lengkap dengan pohon, buah, daun, batang hingga akarnya. Cuci bersih lalu rebus dengan 3 sampai 5 gelas hingga mendidih. Saring lalu minum 3 kali sehari.

Penyakit Ayan
Ambil 8 hingga 10 buah ceplukan, yang sudah masak. Dimakan setiap hari secara rutin.

Borok
Ambil dua genggam daun ceplukan, tambahkan dua sendok makan kapur sirih. Tumbuk sampai halus, kemudian tempelkan di bagian yang sakit.

Bisul
Ambil daun ceplukan 1 hingga 2 genggam dicuci lalu digiling hingga halus. Tempelkan pada bisul lalu dibalut. Diganti dua kali sehari.

Influenza dan Sakit Tenggorokan
Tumbuhan ceplukan yang sudah dipotong-potong semua bagian seukuran 3-4 cm dijemur lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram direbus airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook