alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jurnalis Radar Selatan Diintimidasi Oknum SPBU, FJS : Lapor Polisi

Eky Hendrawan
Jurnalis Radar Selatan Diintimidasi Oknum SPBU, FJS : Lapor Polisi
Intimidasi mental yang menimpa jurnalis Harian Radar Selatan, Baso Marewa dikecam Forum Jurnalis Selatan (FJS). Foto : SINDOnews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Intimidasi mental yang menimpa jurnalis Harian Radar Selatan, Baso Marewa dikecam Forum Jurnalis Selatan (FJS).

Kata Ketua Forum Jurnalis Selatan (FJS), Suparman tindakan yang dilakukan oleh oknum pengawas di Sentra Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kirasa, telah melanggar UU No. 40 Tahun 2009 tentang Pers.

"Ini sangat kami sayangkan, kasus kekerasan terhadap jurnalis kembali terjadi di Bulukumba. Apalagi dilakukan oleh oknum pengawas SPBU yang tentunya paham kerja-kerja jurnalis," tegasnya.



Menurut Suparman dalam bekerja, jurnalis memiliki hak untuk mencari, menerima, mengelola, dan menyampaikan informasi sebagaimana dijamin secara tegas dalam Pasal 4 ayat (3).

Namun yang terjadi oknum tersebut bahkan memaksa korban menghapus foto yang ada di handphone korban. Padahal, dalam dunia jurnalistik, foto merupakan salah satu sumber dan bukti otentik untuk menguatkan informasi yang diterima.

"Kalau memang tidak ada apa-apa di sana (SPBU_ red), kenapa harus memaksa menghapus foto? Ini kan aneh dan semakin menguatkan adanya dugaan pelanggaran di sana," tambahnya.

Sebagai bentuk solidaritas dan pembelajaran, kata Suparman, FJS akan berkoordinasi dengan perusahaan media tempat korban bekerja untuk melaporkan kasus intimidasi tersebut ke polisi. Hal ini dimaksudkan agar tindakan tidak terpuji yang sama tidak terulang kembali kepada jurnalis.

"Kita tidak ingin ada kekerasan lagi terhadap jurnalis. Karena teman-teman jurnalis bekerja secara profesional dan sesuai kode etik jurnalistik. Perlu dicamkan, kerja-kerja jurnalis dilindungi oleh konstitusi," tegasnya lagi.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook