alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Desa Mattiro Matae Kembangkan Pertanian dengan Ekobrik

Muhammad Subhan
Desa Mattiro Matae Kembangkan Pertanian dengan Ekobrik
TP PKK Desa Mattiro Matae membuat taman ekobrik. Foto : SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - TP PKK Desa Mattiro Matae terus berbenah dan mempercantik desanya. Salah satu yang dilakukan yakni membuat taman ekobrik. Diketahui, ekobrik adalah salah satu seni mengolah sampah plastik dengan cara memasukkan potongan-potongan sampah plastik ke dalam botol plastik.

Ketua TP PKK Desa Mattiro Matae, Syamsinar mengatakan, pembuatan taman ekobrik ini salah satu upaya mengurangi sampah plastik.

Apalagi lanjutnya, desa Mattiro Matae terletak di wilayah kepulauan yang jauh dari tempat pembuangan akhir(TPA) sampah.



Ekobrik dikerjakan dengan penuh semangat oleh anggota TP PKK, setelah sebelumnya sampah plastik dikumpulkan melalui kerja bakti yang rutin dilakukan.

"Botol-botol plastik yang sudah terisi potongan sampah plastik itu, kami susun sedemikian rupa sehingga terlihat cantik, enak dipandang dan bagus untuk swapoto,"ujarnya.

Sebelumnya, TP PKK Mattiro Matae telah mengembangkan perkebunan sayur dan tanaman obat keluarga dengan memanfaatkan pekarangan. Perkebunan sayur dan tanaman obat ini telah beberapa kali panen dan hasilnya dinikmati masyarakat pulau.

Kepala Desa Mattiro Katae, Rizal Idris mengaku sangat mengapresiasi kegiatan pengembangan pertanian di pulaunya. Bahkan beberapa waktu lalu, Ia mengantarkan sejumlah ibu-ibu dari desa untuk belajar pertanian di Malino Kabupaten Gowa.

"Karena itu, TPID (tim pendamping inovasi desa) sampai menunjuk Mattiro Matae sebagai desa yang membuat inovasi sampah plastik untuk jadi hiasan dan sampah basah jadi kompos," pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook