6 Manfaat Minum Teh Secara Rutin, Salah Satunya Tingkatkan Daya Ingat

Kamis, 25 Februari 2021 - 10:03 WIB
loading...
6 Manfaat Minum Teh Secara Rutin, Salah Satunya Tingkatkan Daya Ingat
Setiap negara memiliki tanaman teh dengan ciri khas dan manfaat masing-masing. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Setiap negara memiliki tanaman teh dengan ciri khas dan manfaat masing-masing. Mulai dari teh hijau , teh hitam, dan teh oolong. Sebuah penelitian menjelaskan, antioksidan yang terkandung dalam minuman teh bisa meningkatkan kesehatan tubuh di saat yang sama dengan rehidrasi.

Berikut beberapa di antaranya, sebagaimana dilaporkan laman Realbuzz.

1. Menghidrasi tubuh
Selain air yang menjadi cairan utama untuk menghidrasi tubuh setelah berolahraga atau aktivitas lainnya, beberapa ilmuwan percaya bahwa minum teh bisa sama bermanfaatnya. Meski tinggi kafein, teh tetap bagus untuk menghidrasi karena menyediakan sumber air yang kaya dan beraroma.

2. Mengurangi risiko sakit jantung
Teh meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Teh juga mengandung antioksidan flavonoid yang dapat memperlambat timbul dan risiko penyakit jantung.



3. Mencegah kerusakan gigi
Minum teh secara teratur dapat memperkuat gigi dan menurunkan risiko kerusakan gigi. Teh adalah sumber fluorida bagus yang dapat meningkatkan enamel gigi. Antioksidan yang terkandung dalam secangkir teh juga telah dikenal untuk melawan bakteri dan penyakit gusi.

4. Melangsingkan tubuh
Minum teh secara teratur dapat membantu menurunkan lemak tubuh, yakni mempercepat pembakaran kalori.

5. Mencegah kanker
Meskipun peneliti masih meneliti di bidang ini, laporan menunjukkan bahwa kasus kanker prostat, mulut, dan payudara jauh lebih rendah di antara mereka yang secara teratur minum lima cangkir teh atau lebih sehari.

6. Meningkatkan daya ingat
Banyak ilmuwan percaya bahwa jenis teh tertentu seperti teh hijau dapat memperkuat sel memori di otak dan menawarkan perlindungan dari perkembangan demensia dan bahkan penyakit alzheimer.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)