alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Angka Stunting di Kota Makassar di bawah Nasional

Vivi Riski Indriani
Angka Stunting di Kota Makassar di bawah Nasional
Kepala Dinas Kesehatan Makassar Naisyah Tun Azikin. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar mengelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di salah satu hotel di Makassar, kemarin. Topik yang diangkat pada peringatan HKN tahun ini adalah generasi sehat Indonesia unggul.

Isu kesehatan yang disorot pada peringatan HKN tahun ini yakni stunting, jaminan kesehatan nasional (JKN), harga obat, penyediaan layanan dan kesehatan, hingga alat kesehatan dalam negeri.

Dari seluruh isu yang berkembang, stunting merupakan salah satu yang paling disorot. Meski secara nasional, jumlah stunting di Indonesia menurun sampai 10% dalam kurun enam tahun terakhir.



Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin menyampaikan stunting di Kota Makassar masih berada di bawah angka nasional yakni hanya berkisar 5,14%.

Jumlah itu menunjukkan progres yang positif terkait penanganan stunting di Makassar. “Stunting nasional itu kan 37,8% sudah turun menjadi 27,6%. Kalau Makassar hanya 5,14%," singkat Naisyah.

Melihat kondisi geografis Kota Makassar, Naisyah menilai stunting seharusnya bisa diminimalisir. Sebab, ada banyak makanan yang mengandung banyak protein yang bisa mencegah terjadinya stunting.

Meski begitu, persoalan stunting tetap menjadi perhatian Pemkot Makassar. Olehnya itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya ibu hamil untuk perbanyak mengonsumsi protein, salah satunya ikan.

Kata Naisyah, stunting bisa dicegah pada saat anak masih berada di dalam kandungan. Sebab, stunting terbanyak disebabkan sejak ibu hamil sehingga diharapkan ibu hamil memiliki gizi yanh cukup.

“Penyebab stunting selama ini karena dia lahir dengan barat badan rendah. Kalau ibu hamil gizinya cukup maka akan melahirkan anak yang sehat," ucapnya.

Sementara, Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, salah satu upaya pemkot untuk mencegah stunting dengan melakukan penandatanganan MoU.

Termasuk untuk peningkatan kualitas jaminan kesehatan nasional. “Kita berharap di Makassar angka stunting tetus mengalami penurunan. Secara nasional progresnya sudah baik tapi kita berharap di Makassar jauh lebih baik lagi," tutupnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook