alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Evo Morales Siap Kembali Bolivia untuk Redam Kerusuhan

Agus Nyomba
Evo Morales Siap Kembali Bolivia untuk Redam Kerusuhan
Para pendukung mantan Presiden Bolivia Evo Morales dan oposisi bentrok di La Paz Bolivia, 11 November. Foto: REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

MEXICO CITY - Mantan Presiden Bolivia Evo Morales yang mengundurkan diri dari jabatan pada (10/11/2019), siap untuk kembali ke negara asalnya untuk membantu menormalkan situasi dan menghentikan kekerasan.

"Jika kembalinya saya ke Bolivia akan membantu menciptakan perdamaian di negara itu, saya akan kembali besok. Sungguh menyakitkan saya melihat begitu banyak orang meninggal," kata Morales kepada surat kabar El Universal yang dilansir dari Tass, Jumat, (15/11/2019).

Dia juga meminta angkatan bersenjata dan polisi Bolivia untuk tidak menutupi darah rekan senegaranya.



Morales mencatat bahwa pengunduran dirinya harus diterima oleh parlemen Bolivia dan bahwa dia akan kembali ke rumah jika ini tidak terjadi.

Pemilihan presiden di Bolivia diadakan pada tanggal 20 Oktober. Menurut Mahkamah Pemilihan Umum, Presiden petahana Evo Morales menang di babak pertama. Pesaing utamanya, Carlos Mesa, mengatakan bahwa dia tidak mengakui kemenangan Morales di babak pertama. Setelah hasil pemilihan diumumkan, protes dan pemogokan besar-besaran dimulai di seluruh negeri. Setidaknya 10 orang tewas dalam protes dan lebih dari 500 lainnya terluka.

Pada 10 November, Morales mengumumkan pengunduran dirinya dan menandai situasi di negara itu sebagai kudeta. Dia sebelumnya diminta meninggalkan jabatannya oleh angkatan bersenjata, oposisi, dan serikat buruh negara itu.

Wakil Presiden Alvaro Garcia Linera dan beberapa menteri serta anggota parlemen mengundurkan diri juga.

Pihak berwenang Meksiko memberikan suaka politik kepada Morales. Morales tiba di Meksiko pada 12 November. Kemudian pada hari itu, Senator Bolivia Jeanine Anez menyatakan dirinya sebagai presiden sementara.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook