alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Video Lansia Disuruh Mengemis Viral, Kadinsos Makassar Angkat Bicara

Vivi Riski Indriani
Video Lansia Disuruh Mengemis Viral, Kadinsos Makassar Angkat Bicara
Video seorang lansia yang disuruh menjadi pengemis disalah satu jalan protokol di Kota Makassar viral di media sosial. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Video seorang lansia yang disuruh menjadi pengemis disalah satu jalan protokol di Kota Makassar viral di media sosial.

Video ini lantas mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir. Menurut dia, tindakan seperti ini tidak diperbolehkan dan sangat tidak manusiawi.

Dia menilai masalah seperti ini mayoritas dikarenakan persoalan ekonomi. Meski begitu, pihaknya intens melakukan pengawasan di jalan untuk menertibkan anak jalanan, gelandangan, dan pengemis.



"Persoalan ini adalah persoalan ekonomi, tapi pengawasan akan tetap kita lakukan," tegas Mukhtar, kepada SINDOnews, Jumat (15/11/2019).

Kata dia, indikasi adanya ekspoitasi aktivitas penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) seperti anak jalanan, gelandangan dan pengemis tidak dipungkiri adanya. Olehnya itu, kedepan pihaknya akan membuat regulasi untuk menjerat orang-orang yang memang sengaja melakukan hal-hal seperti ini.

Belum lagi dalam penanganan PMKS, pemerintah kota tidak memiliki pusat rehabilitasi. Sehingga, setiap yang terjaring hanya diassesment kemudian dipulangkan dan diminta untuk tidak lagi turun di jalan. Sehingga, cara ini dinilai masih belum efektif.

"Seperti ini (disuruh mengemis) tidak juga marak, tapi dari indikasi yang ada mungkin banyak yang terselubung yang butuh penanganan lebih komprehensif sehingga bisa kita selesaikan dengan baik," ucapnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook