alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Nataru, Pemkot Makassar Intensifkan Pengawasan Pasar

Vivi Riski Indriani
Jelang Nataru, Pemkot Makassar Intensifkan Pengawasan Pasar
Pemkot Makassar mengintensifkan pengawasan pasar menjelang Natal dan Tahun Baru. Foto: SINDOnews

MAKASSAR - Harga bahan pokok diprediksi mengalami lonjakan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Fenomena ini menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang berupaya menekan kenaikan harga tersebut dengan berbagai langkah antisipatif.

Salah satu strategi Pemkot Makassar adalah mengintensifkan pengawasan pasar. Hal itu dilakukan guna memastikan distribusi bahan pokok berjalan normal dan tak ada permaianan harga. Toh, lonjakan harga biasanya terjadi karena pasokan yang minim.

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, menegaskan pihaknya tidak segan melakukan penindakan terhadap oknum tak bertanggungjawab yang berupaya memanfaatkan situasi. "Jika ditemukan ada yang bermain harus segera ditindaki agar memberi efek jera pada kemudian hari," tegas dia.



Iqbal mengatakan upaya menjaga stabilitas harga bahan pokok akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif. Termasuk menjaga agar laju inflasi tetap terjaga pada angka yang tidak mengkhawatirkan.

Inflasi Sulsel hingga Oktober 2019 mencapai 3,36% atau masih berada pada sasaran target inflasi 3,5+1%. Olehnya itu dibutuhkan penguatan produksi dan distribusi, penguatan riset dan teknologi tepat guna serta penguatan skema pembiayaan produksi pertanian.

"Saya kira kita harus komitmen akan hal itu agar tidak ada lagi persoalan kekurangan stok sementara harga tinggi," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook