alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mulai Tahun Depan, Jamaah Makassar Berangkat Umrah Lewat Asrama Haji

Tri Yari Kurniawan
Mulai Tahun Depan, Jamaah Makassar Berangkat Umrah Lewat Asrama Haji
Mulai tahun depan, jemaah Makassar berangkat umrah melalui asrama haji. Foto/Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi VIII DPR RI mendukung rencana Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan agar jamaah umrah masuk asrama haji sebelum diberangkatkan. Aturan ini akan diberlakukan mulai tahun 2020.

Dukungan tersebut diungkapkan Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR, Ihsan Yunus, usai meninjau Sarana Prasarana Asrama Haji Sudiang, di Makassar, Jumat (15/11/2019) kemarin.

"Rencana ini cukup baik. Tujuannya untuk melindungi jamaah dari PPIU nakal. Karena sebelum diberangkatkan semua administrasi jamaah harus sudah selesai untuk menghindari berbagai persoalan di kemudiannya," jelas Ihsan, dilansir dari laman resmi Kemenag RI, Sabtu (16/11/2019).



Maraknya penipuan jamaah umrah juga menimbulkan keprihatinan. "Mereka berangkat umrah untuk mengurangi kekecewaan karena harus menunggu lama untuk berhaji. Karenanya pelayanannya pun harus baik," tuturnya.

Menyikapi masalah daftar tunggu yang lama, khususnya dari Kabupaten Bantaeng yang mencapai 42 tahun, Ihsan, menjelaskan bahwa semuanya sudah diperhitungkan dengan aturan yang telah ditetapkan.

"Besarnya animo masyarakat untuk haji, karena itu menjadi tujuan hidup mereka. Soal lamanya masantunggu, karena sudah ada aturan dan perhitungannya. Bantuan yang mungkin bisa diberikan, adalah meminta penambahan kuota, dan kami akan coba bahas dengan pemerintah," jelasnya.

Kunjungan Spesifik ini merupakan Kunjungan Kerja pertama Anggota Komisi VIII DPR RI masa tugas 2019-2024. Tim yang berjumlah 18 orang ini mengikuti rapat kerja dengan Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar, Iqbal Ismail, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis, serta Perwakilan Kantor Kenterian Agama Kabupaten/Kota se-provinsi Sulawesi Selatan.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook