alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Peringatan HJG ke-699 jadi Momentum Kenang Jasa Para Pahlawan

Herni Amir
Peringatan HJG ke-699 jadi Momentum Kenang Jasa Para Pahlawan
Bupati Gowa Adnan Purichtan Ichsan terlibat sebagai pimpinan ziarah makam pahlawan dalam rangka Hari Jadi Gowa. Foto : SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Ziarah makam pahlawan menjadi rangkaian rutin tahunan dalam memperingati Hari Jadi Gowa (HJG). Pada perayaannya ke-699 Tahun ini ada tiga makam yang di ziarahi yakni Makam Sultan Hasanuddin, Makam Syekh Yusuf, dan Makam Karaeng Pattingalloang.

Khusus untuk ziarah ke Makam Karaeng Pattingalloang untuk pertama kalinya dilakukan setelah diakui Indonesia usai menerima Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Agustus 2019 lalu.

Bupati Gowa, Adnan Purichtan Ichsan yang terlibat sebagai pimpinan ziarah, mengatakan, ziarah makam tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang berjuang untuk bisa memerdekakan wilayah Kabupaten Gowa dari para penjajah.



"Makanya dalam momentum HJG setiap tahunnya kami melakukan ziarah makam untuk mengenang perjuangan-perjuangan para pahlawan kita. Utamanya ketiga pahlawan kita ini yang berasal dari Kabupaten Gowa," katanya usai melakukan ziarah makam di Kompleks Makam Sultan Hasanuddin, Sabtu (16/11/2019).

Dirinya pun berharap, agar masyarakat hingga generasi di masa-masa akan datang tidak melupakan para pejuangnya serta selalu mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan dalam kehidupannya sehari-hari.

Pada peringatan HJG ke-699 Tahun mengambil tema "Dengan Semangat Hari Jadi Gowa ke-699, Kita Bangun Karakter Budaya Lokal Dalam Memantapkan Kinerja Pemerintahan dan Laju Pembangunan".

Puncak perayaan HJG ke-699 Tahun akan dipusatkan di Halaman Parkir Gowa Discovery Park, Kawasan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Minggu (17/11/2019) besok.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook