TOPIK TERPOPULER

Lewat Program Cahaya untuk Sang Naga, PLN Dongkrak Penghasilan Petani di Sinjai

Suwarny Dammar
Lewat Program Cahaya untuk Sang Naga, PLN Dongkrak Penghasilan Petani di Sinjai
Perwakilan PLN menyerahkan bantuan lampu untuk petani buah naga di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai. Foto: PLN

SINJAI - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat terus mendukung program electrifying agriculture, khususnya dalam mendongkrak penghasilan petani buah naga di Desa Sukamaju, yang dikenal dengan nama Cahaya untuk Sang Naga.

Melalui CSR PLN Peduli, PLN UIW Sulselrabar memberikan bantuan sebesar Rp70 juta, dalam bentuk 500 lampu guna meningkatkan produktivitas buah naga kepada Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai.

Baca juga: PLN Putus Listrik Kantor Satpol dan UPTD Disdag, Ini Kata Pemkot Makassar

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid mengatakan, elektrifikasi pertanian buah naga ini untuk meningkatkan produksi buah naga di luar musim panen, dengan cara memberikan aliran listrik di malam hari dan di setiap pohon untuk membantu proses panen buah naga agar hasilnya lebih cepat dan lebih baik.

"Salah satu bentuk modernisasi berbasis listrik, dengan lahan terbatas bisa meningkatkan produksi buah naga hanya dengan pemberian 500 lampu di setiap malam," ujar Awaluddin.



Program ini dapat memberikan dampak yang besar bagi petani buah naga. Salah satunya yang diungkapkan salah seorang petani buah naga, Lukman mengatakan produksi buah naga semakin meningkat selama menggunakan lampu.

Baca juga: PLN Suplai Listrik Pembangunan Jalur KA Trans Sulawesi Makassar-Parepare

“Sebelum memakai lampu, biasanya membutuhkan waktu enam bulan untuk sekali panen. Namun dengan adanya lampu, kami hanya membutuhkan waktu sebulan saja. Jadi sekarang untuk sekali panen kami bisa lebih cepat enam kali dari biasanya," ungkap Lukman.

Selain dapat mempercepat proses produksi, pemakaian lampu untuk buah naga juga bisa menambah pendapatan hingga lima kali lipat.

"Alhamdulilah, biasanya untuk sekali panen, produksi buah naga bisa mencapai 3 ton dengan harga Rp10 juta untuk di jual, tapi setelah menggunakan lampu bisa menghasilkan 5 ton dengan harga Rp50 juta," tutupnya.



Baca juga: PLN Sambut Positif Kerja Sama Dukung Ekosistem Kendaraaan Listrik

Bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista Asapa mengungkapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan bagi petani buah naga.

"Terima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan, mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini bisa memberikan semangat dan dapat meningkatkan perekomian untuk petani buah naga," tuturnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!