alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Drone Pengintai AS Dilaporkan Terbang Dekat Pangkalan Rusia di Suriah

Agus Nyomba
Drone Pengintai AS Dilaporkan Terbang Dekat Pangkalan Rusia di Suriah
Drone pengintai Amerika Serikat dilaporkan terbang di dekat pengkalan militer Rusia di Suriah. Foto: Wikipedia

DAMASKUS - Pesawat tak berawak milik Amerika Serikat (AS) berjenis AS RQ-4B Global Hawk, dilaporkan terbang di Pantai Suriah dekat pangkalan militer Rusia.

Pesawat pengintai strategis Angkatan Udara AS RQ-4B Global Hawk melakukan penerbangan pengintaian berjam-jam di lepas pantai Suriah, tempat pangkalan angkatan laut Rusia di Tartus dan pangkalan udara Hmeimim Rusia berada.

Menurut data pemantauan yang dilansir dari PlaneRadar.ru, drone melakukan serangkaian penerbangan di dekat pangkalan Rusia, kadang-kadang mendekati mereka pada jarak 35-45 km.
Data lebih lanjut menunjukkan pesawat di sepanjang pantai Israel dan Lebanon, dari mana ia bisa secara teknis mengamati wilayah ibukota Suriah Damaskus.



Penerbangan dilakukan di ketinggian sekitar 16 ribu meter di atas perairan internasional Mediterania Timur. Drone Amerika tidak melanggar perbatasan laut Suriah.

Global Hawk dirancang untuk melakukan pengintaian udara strategis di wilayah musuh yang sangat dalam untuk waktu yang lama. Drone memiliki berat terbang 15 ton dan lebar sayap sekitar 40 meter dan dapat berpatroli selama 30 jam di ketinggian hingga 18 ribu meter. Ketika terbang di ketinggian, ia dapat mensurvei area yang luas, melakukan pengintaian target titik dengan resolusi tinggi dan mengirimkan intelijen ke perintah secara real-time.

Drone membawa sistem sensor Hughes Integrated Surveillance & Reconnaissance (HISAR), yang mengintegrasikan sistem SAR-MTI, bersama dengan pencitraan optik dan termografi.

Sistem SAR-MTI beroperasi pada band X dalam berbagai mode operasional: mode MTI area luas dengan radius 62 mil (100 km), mode strip SAR-MTI gabungan menyediakan 20 kaki (6,1 m) resolusi lebih dari 23 mil ( Bagian lebar 37 km), dan mode titik SAR memberikan resolusi 6 kaki (1,8 m) lebih dari 3,8 mil persegi (9,8 kilometer persegi). Drone dapat mensurvei medan sejauh 100.000 kilometer persegi per hari.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook