alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

HKN 2019, Kadinkes Palopo Singgung Mahalnya Harga Obat

Chaeruddin
HKN 2019, Kadinkes Palopo Singgung Mahalnya Harga Obat
Jalan santai yang digelar dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019. Foto: Sindonews/Chaeruddin

LUWU - Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Taufiq, menyinggung mahalnya obat-obatan dan alat kesehatan (alkes) yang ada di fasilitas kesehatan baik milik pemerintah maupun milik swasta.

Olehnya itu, Taufik mengungkapkan pemerintah akan mempertimbangkan penggunaan obat-obatan dan alat kesehatan produk dalam negeri tanpa mengurangi kualitas manfaatanya.

"Menegaskan arahan Presiden Republik Indonesia bahwa ada dua isu keresahan utama yang harus diselesaikan terkait pembangunan SDM yang berkualitas. Adapun yang dimaksud yaitu stunting dan jaminan kesehatan nasional," ujarnya.



"Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri," lanjutnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo ini jika hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian Pemkot Palopo ke depan untuk dapat segera diupayakan solusinya.

Ditambahkan bahwa alam perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan.

"Optimalisasi inovasi layanan kesehatan dimaksudkan untuk mengefisienkan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi layanan kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu," ujarnya.

Untuk diketahui, puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 berlangsung meriah dan ditutup dengan jalan santai, senam massal, devile serta penyerahan hadiah di Lapangan Pancasila Palopo.

Peringatan HKN ke-55 tahun 2019 tingkat Kota Palopo mengangkat tema "Generasi Sehat Indonesia Unggul". Ketua Panitia kegiatan, dr. Abdul Syukur Kuddus, peringatan HKN di Palopo juga mengikutkan peserta lomba yang dilaksanakan di Toraja Utaram

Senam massal, jalan santai, dan devile merupakan kegiatan penutup yang telah dilaksanakan setelah mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 2 sampai 17 bovember di Kota Palopo dan Toraja Utara.

"Antusias Para peserta mengikuti kegiatan ini begitu besar dan banyaknya prestasi yang di dapatkan kota Palopo saat melaksanakan berbagi lomba di Toraja Utara dan hal tersebut tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak," kuncinya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook