alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Presiden Iran Tak Akan Toleransi Demonstran Anarkis

Agus Nyomba
Presiden Iran Tak Akan Toleransi Demonstran Anarkis
Orang-orang berkumpul di sekitar puing-puing bus umum yang dibakar oleh demonstran pada hari Minggu saat protes kenaikan BBM di Iran. Foto: EPA-EFE

TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani memperingatkan bahwa anarki dan kerusuhan tidak akan ditoleransi saat demosntrasi terkait kenaikan harga bahan bakar dilakukan di beberapa wilayah Iran.

Diperkirakan 87.000 orang ambil bagian dalam demonstrasi itu, kantor berita semi-resmi Fars melaporkan setidaknya dua orang tewas.

Lusinan bank dan toko dibakar atau dirusak dalam kekerasan dan sekitar 1.000 penangkapan dilakukan.



"Orang-orang memiliki hak untuk protes, tetapi itu berbeda dari kerusuhan," kata Rouhani seperti dikutip. pada kantor berita tersebut.

"Kita tidak bisa membiarkan rasa tidak aman di negara ini melalui kerusuhan," lanjutnya.

Tidak jelas berapa banyak orang yang terbunuh atau terluka ketika video dari protes menunjukkan orang-orang terluka parah. Akses ke internet juga sangat dibatasi oleh pihak berwenang.

Kementerian intelijen Iran mengatakan dalam sebuah pernyataan para pemimpin protes telah diidentifikasi dengan "tindakan yang tepat" sedang diambil.

Amerika Serikat pada hari Minggu mengutuk penggunaan "kekuatan mematikan" dan "pembatasan komunikasi yang parah" terhadap demonstran di Iran.

"Amerika Serikat mendukung rakyat Iran dalam protes damai mereka terhadap rezim yang seharusnya memimpin mereka," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan dilansir dari Al Jazeera, Senin, (18/11/2019).

"Kami mengutuk pasukan mematikan dan pembatasan komunikasi parah yang digunakan terhadap demonstran," lanjutnya



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook