alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tanpa Biji dan Retak di Dalam, Bisa Jadi Buah Semangka Itu Berbahaya

Sri S Syam
Tanpa Biji dan Retak di Dalam, Bisa Jadi Buah Semangka Itu Berbahaya
Hati-hati jika mendapat kondisi semangka seperti ini, sebaiknya jangan dikonsumsi. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Lagi musim buah semangka yah, terutama di sejumlah wilayah Sulsel. Buah semangka ada dimana-mana dan harganya relatif terjangkau. Meski murah, kamu juga harus memperhatikan sejumlah hal sebelum mengonsumsinya. Sebagaimana penjelasan di bawah ini:

Buah Semangka memang sangat dianjurkan dikonsumsi karena mengandung banyak mineral diantaranya magnesium, kalium, karbohidrat, vitamin termasuk vitamin C dan A, serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk manfaatnya, bisa mencegah penyakit asma, menurunkan tekanan darah, menangkal kanker, mengatasi sembelit, mencegah dehidrasi, bahkan juga dapat memelihara kesehatan jantung dan tulang.



Namun satu yang harus kamu tahu, hindari mengonsumsi buah semangka yang mengalami retak dan pucat, tidak memiliki biji dan atau memiliki biji tetapi sedikit serta berwarna putih.

Alasannya adalah karena buah semangka yang memiliki keretakan di dalamnya atau biji berwarna putih dan sedikit, kemungkinan besar karena telah diobati dengan bahan kimia atau diberi pupuk dengan berlebihan.

Penyebab keretakan pada daging buah ini dikarenakan zat kimia yang disebut forchiorfenuron (bubuk kimia yang digunakan untuk mempercepat matangnya buah). Apabila zat kimia ini digunakan untuk mempercepat tumbuhnya buah, lalu hasil buahnya kita konsumsi, maka bisa menyebabkan kanker, kerusakan saraf dan merusak kesehatan secara menyeluruh.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook