alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kata Orang Kebiasaan Ini Jorok, Tetapi Justru Menyehatkan Loh

Sri S Syam
Kata Orang Kebiasaan Ini Jorok, Tetapi Justru Menyehatkan Loh
Sejumlah kebiasaan ini sering dilakukan namun dinilai jorok, padahal sebaliknya justru menyehatkan bagi kesehatan. Foto : Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Sejumlah kebiasaan ini sering dilakukan namun dinilai jorok, padahal sebaliknya justru menyehatkan bagi kesehatan kita. Kebiasaan apa sajakah itu?

1. Kencing Saat Mandi
Mungkin ini tidak pantas saat kita mandi dengan menggunakan shower, tetapi para peneliti menemukan bahwa hampir 75 persen orang telah melakukan setidaknya satu kali dalam hidup mereka. Sebenarnya asam urat dan amonia dalam kencing dapat membantu seseorang mencegah infeksi jamur di jari-jari kaki.

2. Meludah
Meludah bisa terlihat menjijikkan, terutama jika dilakukan di tempat umum. Namun, ketika kita melakukannya setelah berolahraga, hal itu bisa membantu kita bernafas lebih mudah. Ketika kita berolahraga, kita cenderung bernafas melalui mulut dan ini dapat menghabiskan lebih banyak air liur yang menganggu pola pernafasan kita.



3. Kentut
Tubuh kita melepas gas 14 kali sehari sekitar 3-5 jam selama tidur. Sebagai aturan, saluran pencernaan mulai menghasilkan kabondioksida dan metana sekitar 6 jam setelah makan dan kentut membantu tubuh menyingkirkannya. Jika mencoba menahan gas, hal ini bisa memicu sakit perut dan kembung.

4. Bersendawa
Bersendawa setelah makan besar sebenarnya baik untuk perut. Menahan sendawa dan menyimpan gas di dalam perut dapat menyebabkan asam lambung ke tenggorakan yang pada gilirannya dapat memicu nyeri dada.

5. Mengupil
Menurut beberapa penelitian, kebiasaan mengerikan ini sebenarnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena ingus yang masuk ke mulut mengandung mucina saliva yang dapat melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Ketika ingus masuk ke mulut, dia memicu sistem kekebalan tubuh dan melepaskan sel-sel darah putih untuk mempertahankan diri terhadap jenis bakteri.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook