alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Fraksi PAN Ancam Hentikan Pembahasan KUA, Ini Alasannya

Eky Hendrawan
Fraksi PAN Ancam Hentikan Pembahasan KUA, Ini Alasannya
Ketua FPAN DPRD Bulukumba, A Zulkarnain Pangki. Foto : SINDOnews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba menebar ancaman menghentikan dan atau tidak melanjutkan rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA).

Ancaman itu dilontarkan Ketua FPAN DPRD Bulukumba, A Zulkarnain Pangki, jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba tidak mengubah Peraturan Bupati (Perbup) tentang pajak pendapatan.

Kata Zulkarnain, model pungutan yang dilakukan pemerintah tidak memiliki inovasi untuk meningkatkan pendapatan, sementara target yang digadang-gadang selama ini tak perbah tercapai.



"Kami secara tegas sampaikan kalau FPAN akan tidak ikut pembahasan ini jika Perbup soal pajak ini tidak diubah. Karena kalau masih seperti ini akan tetap sama dengan yang lalu," tegasnya kepada SINDOnews, Senin (18/11/2019).

Menurut Zulkarnain, berdasarkan peninjauan di lapangan, terdapat beberapa tempat usaha yang nilai pendapatannya cukup tinggi. Hanya saja pola aturan pungutan pajak yang dilakukan pemerintah masih menggunakan aturan lama sehingga pendapatan cukup rendah.

"Peraturan Bupati harus dirubah agar PAD bisa ditinkatkan. Kalau masih saja seperti kemarin, yakin akan masih tetap sama dengan pendapatan yang sebelumnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendataan Pendaftaran dan Pengembangan Potensi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bulukumba mengaku telah melakukan inovasi, salah satunya pemasangan alat perekaman pajak elektronik atau m-POS di sejumlah tempat usaha.

"Dari pemasangan e-POS memberikan peningkatan yang cukup baik bahkan peningkatan mencapai dua kali lipat. Penggunaan sistem ini cukup baik dari sistem penetapan yang sebelumnya digunakan," tandasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook