alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Stadion Kalegowa Gunakan Rumput Zoysia Matrella

Herni Amir
Stadion Kalegowa Gunakan Rumput Zoysia Matrella
Stadion Kalegowa akan dilengkapi dengan rumput berskala nasional bernama Zoysia Matrella. Foto : Istimewa

SUNGGUMINASA - Renovasi Stadion Kalegowa yang ditarget rampung pada 2020 mendatang, masih terus berlangsung hingga saat ini. Arsitektur perencanaan, Fauzan Munsir mengatakan, stadion yang terletak di poros Gowa Takalar, Kecamatan Pallangga itu, akan dilengkapi dengan rumput berskala nasional.

Rumput tersebut dinamai Zoysia Matrella, yang didatangkan langsung dari Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Bibit rumput Zoysia ini juga dipakai sejumlah stadion-stadion nasional. Seperti Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Sport Center Tangerang Banten, hingga Stadion Batakan Balikpapan.



"Kami sejauh ini sedang mempersiapkan untuk penanaman rumput. Kita pakai rumput berjenis Zoysia Matrella, ini kita datangkan langsung dari Boyolali produk Lestarindo,"ungkapnya kepada SINDOnews, Senin (18/11/2019).

Menurut Fauzan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan pagelaran pasir guna mempersiapkan penanaman rumput. Penanaman tahap awal telah dilakukan Minggu (17/11/2019) semalam.

Penamaan rumput ini masuk dalam pengerjaan tahap dua. Pihaknya juga menyiapkan saluran penyiram air untuk pemeliharaan lapangan.

Demi menjaga kualitas rumput, kata Fauzan, penggunaan lapangan nantinya hanya dibolehkan dua kali dalam sepekan. Selebihnya adalah pemeliharaan rumput.

"Jadi kita pakai pola pemakaian jangka panjang. Lapangan harus dipelihara dengan baik," beber Fauzan.

Sementara pada tribun penonton, arsitektur memasang konsep Wala Suji pada dindingnya. Konsep Wala Suji ini merupakan simbol dari empat penjuru mata angin.

Nilai yang terkandung yakni intelektual, keberanian, kejujuran, dan kekayaan. Masyarakat yang nantinya berkunjung diharapkan memperoleh prinsip hidup dari konsep Wala Suji itu.

Revitalisasi Stadion Kalegowa ini ditargetkan rampung pada April 2020 mendatang.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan revitalisasi Stadion Kalegowa ini dipersembahkan untuk warga Kabupaten Gowa.

Revitalisasi Stadion Kalegowa diharapkan dapat menguatkan spirit dan minat masyarakat terhadap olahraga. Kedua menjadi tempat kegiatan olahraga di kabupaten Butta Bersejarah ini.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook