alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Usul Retribusi Tower dan Menara Seluler di Toraja Dinaikkan

Joni Lembang
DPRD Usul Retribusi Tower dan Menara Seluler di Toraja Dinaikkan
Anggota DPRD Tana Toraja saat meninjau beberapa titik tower yang ada di Toraja. Foto: Sindonews/Joni Lembang

TORAJA - Pemerintah Kabupaten (pemkab) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), diminta menaikkan retribusi dan menara seluler. Usulan kenaikan retribusi tower dan menara seluler itu guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Anggota Komisi III DPRD Tana Toraja, Kristian HP Lambe mengatakan, tower dan menara seluler yang ada di wilayah kabupaten Tana Toraja jumlahnya cukup banyak. Namun, konstribusi retribusi tower dan menara seluler terhadap PAD masih minim. Rata-rata, besarnya retribusi yang dipungut dari setiap tower dan menara Rp2,5 juta per tahun. Idealnya, retribusi tower dan menara seluler yang dipungut dari pengusaha provider telekomunikasi di atas Rp5 juta per tahun.

Komisi III pun meminta, Dinas Kominfo sebagai instansi teknis mengusulkan kenaikan retribusi tower dan menara seluler untuk meningkatkan pendapatan daerah. Rencana kenaikan itu diusulkan dalam bentuk rancangan peraturan daerah ke DPRD untuk ditetapkan menjadi perda.



"Retribusi tower dan menara seluler yang dipungut pemkab Tana Toraja dari pengusaha provider selama ini sangat rendah. Jadi, dipandang perlu nilai retribusi itu dinaikkan," ujar Anggota Komisi III DPRD Tana Toraja, Kristian HP Lambe di Makale, Selasa (19/11/2019).

Kristian mengatakan, beberapa waktu lalu, Komisi III melakukan kunjungan lapangan di beberapa titik lokasi tower dan menara seluler di wilayah Tana Toraja. Ditemukan, ada beberapa tower dan menara yang sudah tidak difungsikan. Ironisnya, ada belasan tower dan menara seluler yang menunggak bayar retribusi.

Dinas Kominfo harus bersikap tegas terhadap pengusaha provider telekomunikasi yang menunggak membayar retribusi tower dan menara. Jika perlu tower dan menara yang menunggak bayar retribusi disegel.

"Pemerintah berhak menagih tunggakan retribusi tower dan menara seluler. Begitu juga, pengusaha telekomunikasi berkewajiban membayarnya. Kalau ada yang menunggak, langsung disegel saja hingga tunggakannya dilunasi," tegas Kristian.

Kepala Dinas Kominfo Tana Toraja, Berty Mangontan mendukung usulan DPRD menaikkan retribusi tower dan menara selular. Meski begitu, pemerintah tidak bisa langsung memberlakukannya karena besaran penetapan retribusi tower dan menara ada hitung-hitungannya.

"Kami setuju retribusi tower dan menara selular dinaikkan. Apalagi, retribusi itu satu-satunya sumber PAD di Dinas Kominfo. Tapi, ada hitungannya dan harus dibicarakan dulu dengan DPRD," katanya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook