alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Coba Hitung! Jika Kentutmu 14 Sampai 23 Kali, Kamu Masih Normal

Sri S Syam
Coba Hitung! Jika Kentutmu 14 Sampai 23 Kali, Kamu Masih Normal
Tahukah kamu dalam sehari normalnya manusia kentut sebanyak 14 sampai 23 kali sehari. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Tahukah kamu dalam sehari normalnya manusia kentut sebanyak 14 sampai 23 kali sehari. Apakah jumlah Kentutmu sebanyak itu? Jika tidak, mungkin ada yang tidak normal di tubuhmu, atau ada organ di dalam tubuhmu mengalami sakit.

Menurut seorang ahli gastroenterologis di Massachusetts General Hospital, dr Kyle Staller, rata-rata manusia menyimpan 0.5 sampai 1.5 liter gas pada saluran pencernaan setiap hari.

Keseluruhan gas ini akan dikeluarkan secara bertahap melalui kentut. Dilansir dari Cleveland Clinic rata-rata manusia kentut 14 sampai 23 kali dalam sehari dan cenderung tidak berbau. Namun bila kentut berbau busuk, artinya kentut mengandung sulfur yang berasal dari bakteri dalam usus.



Jika kamu menyadari sering buang gas,lebih dari 22 kali dalam sehari, kamu mungkin terlibat dalam perilaku atau pola makan yang memproduksi gas dalam kadar tinggi. Kamu bisa minum banyak kopi (yang merenggangkan sfingter, membiarkan kentut menyelinap keluar lebih sering), makan banyak karbohidrat dan makanan lain yang sulit dipecah oleh usus Anda untuk, diet vegetarian, atau bahkan hanya makan makanan dengan terburu-buru (yang dapat menyebabkan kamu menelan semakin banyak udara).

Namun, bukan berarti perilaku ini membahayakan kesehatan, dan tentu semua ini bisa diubah. Beberapa orang mungkin memiliki defisiensi beberapa enzim dalam usus kecilnya (misalnya akibat intoleransi laktosa) yang menyebabkan diare dan perut kembung. Hal ini diakibatkan oleh gula yang menetap dalam usus kecil dan menyebabkan lebih banyak produksi gas.

Meski perut kembung berlebihan dapat mengungkapkan kurangnya senyawa dalam saluran cerna, hal ini juga dapat menunjukkan hal komponen saluran pencernaan yang berlebihan.

Pada kasus yang jarang terjadi, kondisi sering kentut dapat menandakan adanya pertumbuhan bakteri usus kecil berlebih (small intestinal bacterial overgrowth/SIBO). Artinya, usus kecil Anda kini menjadi rumah bagi terlalu banyak bakteri, yang dapat membuat perut kembung dan mengeluarkan gas lebih sering.

Buang gas berlebihan yang disertai dengan bau busuk termasuk jarang, dan seringnya juga diikuti oleh perubahan dalam feses dan kebiasaan pencernaan. Tetapi hal ini juga dapat disebabkan oleh pola makan tertentu, stres, dan campuran obat-obatan.

Selain itu, individu yang baru saja menjalani operasi pada saluran pencernaan atau baru saja sembuh dari gangguan pencernaan seperti norovirus juga mungkin mengalami ketidakseimbangan bakteri.

Tapi pada umumnya, sering kentut tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Buang angin adalah bagian alami dari kehidupan sehari-hari.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook