TOPIK TERPOPULER

Proyek Stadion Mattoanging Masuk Tahap Lelang Manajemen Konstruksi

Syachrul Arsyad
Proyek Stadion Mattoanging Masuk Tahap Lelang Manajemen Konstruksi
Kawasan Stadiona Mattoanging Makassar tampak dari ketinggian. Proyek rehabilitasi Stadion Mattoanging kini memasuki tahapan lelang manajemen konstruksi. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Rehabilitasi Stadion Mattoanging terus berjalan. Saat ini lelang jasa pengawasan manajemen konstruksi (MK) telah dilakukan.

Dari informasi yang dihimpun melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Sulsel, lelang MK pembangunan Stadion Mattoanging dianggarkan senilai Rp30,23 miliar yang pendaftarannya berakhir 1 Maret 2021. Tahapan ini untuk mencari konsultan pengawas pengerjaan fisik konstruksi ke depan.

Baca juga: Penuhi Syarat Administrasi, Pembangunan Fisik Stadion Mattoanging Segera Dikebut

Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, sebelum lelang pengerjaan konstruksi, terlebih dahulu diajukan lelang manajemen konstruksi (MK) untuk pengerjaan fisiknya. Tahapan ini bakal berjalan simultan.

Dia melanjutkan, pihaknya sengaja mendahulukan lelang MK, mengingat hal itu akan mengawal proses penyusunan kontrak untuk pelaksanaan pekerjaan konstruksi stadion. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk percepatan realisasi pembangunan Stadion Mattoanging. Apalagi kata dia, hal ini masuk dalam agenda prioritas Pemprov Sulsel untuk segera dirampungkan.



"Dispora Sulsel yang pertama mengajukan lelang dan menginput Rencana Umum Pengadaan (RUP) ke dalam aplikasi SIRUP untuk program prioritas Gubernur. Kita cepat merespons keinginan Bapak Gubernur dalam rangka percepatan implementasi realisasi program prioritas dalam upaya percepatan serapan anggaran," ujar Arwin, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Syarat Pengerjaan Fisik Stadion Mattoanging Terpenuhi

Setelah pengajuan lelang MK, diharapkan lelang konstruksi Stadion Mattoanging bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pihaknya tengah merampungkan penyusunan kerangka acuan kerja (KAK) dan RAB/HPS (harga perkiraan sementara) sebelum pengusulan lelang konstruksi diajukan ke UKPBJ Biro PBJ.

Arwin juga menegaskan, seluruh dokumen lelang tersebut sebelumnya akan direvieu oleh apparat pemerintah Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Inspektorat Sulsel, bersama dan tim teknis lainnya.

"Setelah lelang konstruksi kita menunggu pemenangnya. Begitu ada pemenang barulah kita melakukan ground breaking dan melakukan pekerjaan. Kami berharap mudah-mudahan bisa selesai 15 sampai 18 bulan sesuai anggaran yang tersedia dulu tahun ini yakni sebesar Rp1,1 triliun," bebernya.



Baca juga: Dewan Sulsel Dukung Penuh Pembangunan Stadion Mattoanging

Kendati begitu Arwin menyebutkan, anggaran pembangunan Stadion Mattoanging kemungkinan akan bertambah. Mengingat, proyek ini penting dihadirkan sebagai sarana dan prasarana olahraga prestisius di Sulsel.

"Kita langsung tancap gas untuk merealisasikan program prioritas Gubernur dan warning untuk percepatan. Kita berharap pekerjaan fisik segera dimulai," ujar dia.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!