Bapenda Makassar Dukung Revisi Kerjasama dengan Pasar Segar

Sabtu, 27 Februari 2021 - 08:50 WIB
loading...
Bapenda Makassar Dukung Revisi Kerjasama dengan Pasar Segar
Bapenda Makassar mendukung rencana revisi kerjasama retribusi dengan Pasar Segar. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar , mendukung rencana anggota dewan untuk meningkatkan pendapatan yang bersumber dari penarikan retribusi.

Khususnya torehan retribusi di atas lahan fasilitas umum (fasum) milik Pemkot Makassar yang ada di kawasan Pasar Segar. Nilainya dinilai tidak wajar, hanya Rp92 juta per tahun. Jumlah itu dinilai sangat timpang.

Sekretaris Bapenda Kota Makassar, Ibrahim Akkas mengatakan, niatan dewan untuk meningkatkan torehan retribusi di Pasar Segar patut diatensi.



"Artinya ini bagus dari segi pendapatan. Selama itu berorientasi terhadap PAD kita dukung," ujar Ibrahim, Jumat, (26/02/2021).

Ibrahim menjelaskan, pihaknya tak wewenang dalam mengatur retribusi . Bapenda hanya fokus dalam melakukan penarikan pajak.

Kata dia, retribusi Bapenda juga hanya bersumber pada penggunaan tanah untuk reklame dan retribusi penawaran titik reklame.

"Kalau pasar itu bukan ranah kita. Apalagi sampai mengatur besaran retribusinya," terang dia.

Sehingga jika berbicara pasar, kata dia, maka itu bisa masuk ranah PD Pasar Makassar Raya. "Jadi kalau setorannya lewat perusda, jadi bentuknya nanti dalam bentuk deviden," beber Ibrahim.

Anggota Komisi A DPRD Makassar, Kasrudi mengemukakan, kerja sama antara pemkot dengan pengelola Pasar Segar mesti direvisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)