alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Tembak Bandar Sabu di Kampung Narkoba Bone

Faisal Mustafa
Polisi Tembak Bandar Sabu di Kampung Narkoba Bone
Aparat Polda Sulsel menembak bandar sabu di kampung narkoba di Kabupaten Bone. Foto/Ilustrasi/Istimewa

WATAMPONE - Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulsel melakukan penggerebekan di Pasar Laccokkong, Kelurahan Watampone, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Di daerah yang dikenal sebagai kampung narkoba itu, polisi meringkus seorang bandar sabu berinisial IC (35) dan anak buahnya berinisial AL (45).

Dalam proses penangkapan IC dan AL, polisi terpaksa melumpuhkan keduanya karena berupaya kabur dan melawan petugas. Bahkan, aparat sempat berjibaku dengan pelaku, sampai harus guling-gulingan di tanah. Kedua pelaku tindak pidana narkotika ini ditembak pada bagian kakinya.

"Bandar (sabu) IC ini melakukan perlawanan dengan anggota sampai guling-guling berapa kali itu. Ya memang badannya agak lumayan besar ketimbang anggota. Ketika berguling lepas lagi, udah kita lakukan penembakan pada kedua kakinya," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan, Selasa (19/11/2019).



Hermawan menjelaskan penggerebekan di Pasar Laccokkong berdasarkan informasi masyarakat. Warga sudah resah dengan aktivitas para pelaku yang menjadikan daerah itu sebagai tempat transaksi dan penggunaan narkoba. Bahkan, pelaku mengklaim kampung narkoba itu aman dan dirinya kebal hukum.

"Penyelidikan dilakukan selama satu bulan. Kita masuk Kamis 14 November lalu. Ya memang sudah target operasi si IC ini karena dia sudah sampai menguasai wilayah. Bahkan sudah berkoar-koar sebut polisi sudah tidak bisa tangkap," terang dia.

"Di sana itu (Pasar Lacokkong) memang sudah sangat bebas, dimana para pembeli juga bisa menggunakannya langsung, bahkan jualnya sudah terang-terangan. Masyarakat betul-betul sudah resah dengan kawasan yang sudah lama menjadi kampung narkoba," sambung Hermawan.

Lebih jauh, Hermawan mengungkapkan penangkapan IC dan AL dilakukan tidak bersamaan. Mulanya, polisi menciduk IC di Pasar Lacokkong. Dari tangan tersangka berhasil diamankan barang bukti narkotika jenis sabu siap edar. Sabu itu dikemas dalam berbagai paket yang jumlahnya lebih dari seratus sachet. "Total nilainya 180 Juta, kalau beratnya 100 gram," ujar dia.

Setelah menangkap IC, kepolisian lantas menciduk AL yang berperan sebagai kaki tangan sang bandar narkoba. AL diciduk di Jalan Sukawati dengan barang bukti sabu seberat 10 gram.

Hingga kini, kepolisian masih terus mengorek keterangan dari kedua pelaku tindak pidana narkotika ini. Hermawan menyebut pihaknya sudah mengantongi identitas bandar besar yang memasok sabu ke kampung narkotika. Namun, kepolisian belum bisa mengeksposenya lantaran masih tahap pengembangan.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook