alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Program Sekolah Perempuan di Pangkep Dipastikan Berlanjut

Muhammad Subhan
Program Sekolah Perempuan di Pangkep Dipastikan Berlanjut
Program Sekolah Program Perempuan di Pangkep telah membawa banyak perubahan positif di desa-desa. Foto/Ilustrasi

PANGKEP - Sejak berdiri 2013 lalu, program sekolah perempuan yang dilaksanakan Yayasan Kajian Pengembangan Masyarakat (YKPM) di empat desa di wilayah pulau telah membawa banyak perubahan positif. Olehnya itu, program sekolah perempuan ini dipastikan akan berlanjut demi kemajuan daerah.

Staf Advokasi Program Sekolah Perempuan, Sudirman, mengungkapkan ada 490 perempuan yang kini aktif pada program edukasi dari YKPM. Melalui pendampingan selama beberapa tahun terakhri, para peserta sekolah perempuan mampu berkontribusi bagi pembangunan desa masing-masing.

"Perempuan desa yang menjadi peserta kami telah mampu menyuarakan persoalan mereka, ikut mengusulkan program di musrenbang dan hadir dalam pertemuan-pertemuan tingkat nasional," kata Sudirman, Selasa (19/11/2019).



Sebelum masuknya sekolah perempuan, ucap Sudirman, para perempuan desa sangat minder karena stigma perempuan sebagai pelengkap saja. Program ini mendorong kesetaraan gender bagi perempuan.

Sudirman merinci anggota sekolah perempuan ini berasal dari beberapa pulau di Kabupaten Pangkep. Di antaranya yakni Pulau Sakuala, Pulau Salemo, Pulau Sabangko, Pulau Sagara, Pulau Sapuli, Pulau Saugi, Pulau Satando, Pulau Sabutung, Pulau Bangko-bangkoang dan Pulau Kulambing.

Ratusan peserta sekolah perempuan tersebar di empat desa di Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara yakni Desa Mattiro Bombang, Desa Mattiro Baji, Desa Mattiro Kanja dan Desa Mattiro Uleng.

Saat ini program tersebut direplikasi oleh Pemerintah Kabupaten di desa wilayah daratan dan pegunungan di empat kecamatan yaitu, Mandalle, Balocci, Marang dan Bulutellue. "Program ini dilanjutkan dan akan dianggarkan oleh Pemkab melalui APBD," ujarnya.



(tyk)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook