alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Renovasi Stadion Mattoanging, Dispora Sulsel Studi Tiru ke GBK

Syachrul Arsyad
Renovasi Stadion Mattoanging, Dispora Sulsel Studi Tiru ke GBK
Stadion Andi Mattalatta Mattoanging merupakan aset Pemprov Sulsel bakal direnovasi. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis melakukan kunjungan studi tiru ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Agenda ini sebagai bagian atas rencana rehabilitasi Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar.

Arwin menuturkan, rencana rehabilitasi Stadion Mattoanging memang terus dimatangkan. Kunjungan studi ke stadion GBK untuk meninjau hal apa saja yang bisa diterapkan untuk stadion di Makassar nantinya.

Dia melanjutkan, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kunjungan studi tiru di Stadion GBK. Tidak hanya sekedar meninjau bentuk fisik dan fasilitasnya saja, termasuk sistem pengelolaan stadion tersebut melalui badan layanan umum (BLU).



“Jadi kita keliling dan banyak mendapat informasi terkait pengelolaan GBK, fasilitasnya bagaimana, dan bisa memungkinkan untuk kita terapkan di Stadion Mattoanging, karena kita memang mau rehab stadion kita," imbuh dia.

Rombongan Pemprov Sulsel yang berkunjung ke Stadion GBK diketahui juga diikuti Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sulsel, beserta jajaran Dispora Sulsel.

Selain kunjungan ke GBK, Arwin mengaku sekaligus berkonsultasi ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Koordinasi ke LKPP, kata dia, untuk memudahkan langkah Pemprov Sulsel atas rencana renovasi Stadion Mattoanging yang ditarget dimulai pelaksanaan fisiknya awal tahun 2020. Sementara perencanaannya dimulai Desember tahun ini.

"Pak gubernur inginkan semua dilakukan percepatan mengingat program prioritas beliau ini inginkan dapat rampung dalam tahun 2020. Dan LKPP siap melakukan pendampingan agar prosesnya semua dapat berjalan lancar dan senantiasa memenuhi ketentuan yang berlaku," urai dia.

Diketahui, rencana rehabilitasi Stadion Mattoanging menelan anggaran cukup besar. Kata Arwin, Dispora Sulsel mengalokasikan dana sekitar Rp200 miliar yang dimasukkan dalam rencana APBD tahun anggaran 2020.

Lelang proyek renovasi Stadion Mattoanging ini dikebut dimulai Desember bulan depan. Dengan demikian, diharapkan target renovasi stadion bisa dilaksanakan dan selesai pada tahun 2020.

"Iya, seperti itu (dilelang Desember), dan memang sesuai dengan arahan dari LKPP," sebutnya.

Arwin menambahkan, selain agenda kunjungan di Stadion GBK Jakarta, Dispora Sulsel turut mendampingi kontingen asal Sulsel yang tengah berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke-XV.

Popnas ini sendiri digelar di Jakarta dan Jawa Barat yang berlangsung 16-25 November. "Saya di Jakarta memanfaatkan waktu disamping mendampingi kontingen Sulsel berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV, juga skaligus menyempatkan untuk melakukan konsultasi di LKPP dan peninjauan dan studi tiru di GBK," jelas Arwin.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook