alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terbang di Langit Suriah, Jet Israel Serang Basis Militer Iran

Agus Nyomba
Terbang di Langit Suriah, Jet Israel Serang Basis Militer Iran
IDF Israel mengkonfirmasi melakukan serangan udara di Suriah menargetkan basis militer Iran. Foto: Ilustrasi/Sputnik

TEL AVIV - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim bahwa jet-jet Israel menghantam wilayah Suriah, menyerang puluhan sasaran militer milik pasukan Iran dan Suriah.

Menurut IDF dalam sebuah pernyataan Rabu, (20/11/2019) pagi, serangan tersebut termasuk rudal udara menargetkan gudang dan berbagai fasilitas militer.

IDF mengatakan dalam pernyataannya bahwa serangan udara datang sebagai tanggapan atas peluncuran roket sebelumnya yang diduga dilakukan oleh pasukan Suriah dari wilayah Suriah yang menargetkan wilayah Israel.



"IDF menyalahkan rezim Suriah atas serangan-serangan itu, bersumpah untuk terus beroperasi dengan tegas dan selama diperlukan terhadap kubu Iran di Suriah," tulis pernyataan tersebut dilansir dari Sputnik, Rabu, (20/11/2019).

Pada Selasa malam, penyiar yang dikelola pemerintah Suriah Al-Ikhbariya mengatakan bahwa, sistem pertahanan udara negara itu telah menangkis serangan udara di Damaskus dan pinggirannya, menambahkan bahwa beberapa rudal dijatuhkan di selatan Damaskus.

Kantor berita pemerintah Suriah SANA mengklarifikasi bahwa rudal ditembakkan oleh jet Israel dari Golan Heights dan Marj al-Ayoun dan menambahkan bahwa pertahanan udara mampu menghancurkan sebagian besar rudal sebelum mereka mencapai target mereka.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berkomentar serangan Israel terbaru di Suriah.

"Saya mengklarifikasi bahwa siapa pun yang menyakiti kami, kami akan dirugikan di dalamnya. Inilah yang kami lakukan malam ini terhadap sasaran militer pasukan Quds Iran dan sasaran militer Suriah di Suriah setelah peluncuran roket semalam diluncurkan di Israel," kata Netanyahu, dikutip di Saluran 13 Berita TV-Israel.

Tel Aviv telah berulang kali melakukan serangan udara di Suriah tanpa izin dari Damaskus, membenarkan tindakannya dengan kebutuhan untuk melawan tuduhan kehadiran militer Iran di negara tetangga.

Israel dan Suriah berbagi perbatasan di sepanjang Dataran Tinggi Golan yang disengketakan. Daerah itu sebagian besar berada di bawah kendali Tel Aviv setelah Israel merebut daerah itu selama Perang Enam Hari 1967, mengadopsi undang-undang pada tahun 1981 yang mencaplok wilayah itu, meskipun ditolak oleh PBB. Awal tahun ini, Presiden AS Donald Trump mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook