Jalin Kerjasama, BP Jamsostek dan Baznas Sulsel Lindungi Relawan

Sabtu, 27 Februari 2021 - 23:48 WIB
loading...
Jalin Kerjasama, BP Jamsostek dan Baznas Sulsel Lindungi Relawan
Baznas Sulsel dan BPJamsostek melakukan kerjasama untuk melindung para relawan. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulsel, mendukung program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dengan mendaftarkan relawan Baznas dan pekerja rentan sektor pekerja bukan penerima upah (BPU) yang terdata di Baznas.

Dukungan ini tertuang dalam penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Arief Budiarto, dengan Ketua Baznas Provinsi Sulawesi Selatan, Mappagio di Makassar, Sabtu, (27/2/2021).

Arief Budiarto mengungkapkan, bahwa tujuan perjanjian kerja sama ini adalah dalam rangka memberikan perlindungan dasar dan manfaat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang menyeluruh bagi relawan Baznas di Sulsel dan pekerja rentan guna meningkatkan harkat dan martabat sebagai upaya pencegahan kemiskinan akibat dari resiko sosial ekonomi sebagaimana yang telah diatur dalam perundang-undangan.



“Masih banyak pekerja yang kesehariannya berstatus sebagai pekerja namun belum memikirkan atau bahkan belum mampu untuk memiliki perlindungan BPJS Ketenagakerjaan , karena risiko dapat terjadi kapan saja dan dimana saja,” sambungnya.

Para relawan Baznas dan pekerja rentan nantinya akan dilindungi dengan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Dalam program JKK memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Untuk JKM adalah manfaat uang tunai yang diberikan bagi ahli waris pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja.

Pelaksanaan Perjanjian Kerjasama dengan Baznas untuk perlindungan relawan Baznas dan pekerja rentan merupakan salah satu program kerja BPJAMSOSTEK untuk meningkatkan perlindungan kepada seluruh pekerja.

Untuk diketahui melewati tahun 2020, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Wilayah Sulawesi Maluku telah mencatatkan hasil positif pada beberapa indikator kinerja seperti kepesertaan dan pelayanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)