Hasil Studi Ungkap Bawang Putih dan Jahe Kurangi Risiko Kanker

Minggu, 28 Februari 2021 - 08:47 WIB
loading...
Hasil Studi Ungkap Bawang Putih dan Jahe Kurangi Risiko Kanker
Hasil studi mengungkapkan bahwa bawang putih bisa mengurani risiko kanker. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Bawang putih dan jahe banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat obat-obatan tradisional karena khasiatnya dalam mengobati penyakit tertentu.

Hasil studi yang diterbitkan oleh Sift Deck Research Page mengungkapkan bahwa kandungan efek anti-oksidan dan anti-inflamasi pada bawang putih dan jahe rupanya bisa mengurangi risiko penyakit kanker.

"Studi sebelumnya menunjukkan bahwa bawang putih menurunkan tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan homosistein, meningkatkan kekebalan, serta mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang berhubungan dengan mekanisme anti-penuaan," tulis studi tersebut.

Kemudian hasil studi menunjukkan bawang putih dan jahe sama-sama memberikan efek perlindungan terhadap stres oksidatif dengan mengurangi ROS dan peradangan.

Seperti dilaporkan laman Express, Sabtu (27/2/2021), bawang putih dan jahe memiliki banyak senyawa bioaktif yang memberikan efek anti-oksidan dan anti-inflamasi.

Ada laporan bukti yang menunjukkan manfaat kesehatan seperti efek anti-penuaan dan anti-oksidan dari bawang putih . Bawang putih telah terbukti dapat mencegah penyakit kronis seperti penuaan, penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit alzheimer.

Kemudian bawang putih dilaporkan dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan antioksidan internal seperti glutathione, dan mengurangi kelelahan.



Pakar kesehatan menyarankan diet kaya bawang putih dan suplemennya dalam bentuk apa pun. Ini akan memberikan manfaat kesehatan secara teratur serta membantu mencegah penyakit serius dan penuaan.

Sementara jahe adalah bahan alami yang paling umum digunakan untuk pengobatan rumahan seperti sakit kepala, mual, pilek, serta emesis. Jahe memiliki berbagai aktivitas kehidupan, seperti aktivitas antioksidan, antimikroba, antiradang, antikanker.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)